Rabu, 25/04/2018 19:48 WIB | Dibaca: 492 kali

Sambangi Markas Penyapu Jalan, KOBAR Sumbangankan Sembako


Ketua KOBAR, Widihasto Wasana Putra menyerahkan donasi sembako kepada tukang sapu kawasan Kranggan Malioboro. Foto: ist

YOGYAKARTA - Sejumlah penggiat Kolaborasi Aktivis Budaya Yogyakarta (KOBAR) menyambangi kantor sektor penyapu jalan kawasan Kranggan dan Malioboro Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta di jalan Jlagran Gedong Tengen Yogyakarta, Rabu (25/4/2018), siang.

Ketua KOBAR. Widihasto Wasana Putra mengungkapkan, kedatangan KOBAR untuk menyalurkan donasi sembako dari para peserta event "Habis Mancing Terbitlah Melukis" yang digelar akhir pekan lalu di Kampoeng Mataraman Yogyakarta. Paket sembako, kata dia, berisikan 4 kilogram beras dan sejumlah sembako seperti gula pasir, minyak goreng, susu, sarden, kopi dan kecap. 

“KOBAR mencoba membuat tradisi pengumpulan sembako pada setiap event kebudayaan yang digelar untuk selanjutnya disalurken kepada sektor masyarakat marjinal,” ungkap Hasto.

Hasto menandaskan, alasan donasi diberikan kepada tukang sapu, karena selama ini mereka yang bekerja membersihkan kawasan wisata utama di Yogyakarta kurang mendapatkan kesejahteraan semestinya, jika dibandingkan jam kerja yang relative lama,

“Disaat orang lain istirahat, mereka masih bekerja demi kebersihan lingkungan dan kenyamanan wisatawan. Selayaknya kesejahteraan mereka ditingkatken oleh para pemangku kebijakan,” tukasnya.

Kunjungan para aktivis KOBAR disambut Udi Santosa mewakili Kepala Dinas DLH Kota Yogyakarta didampingi sejumlah staff beserta sekitar 50 orang penyapu jalan. Para penyapu jalan mengaku senang dengan sumbangan yang diterima. Mereka juga menfucapkan terimakasih kepada para donatur sembako.

Menurut Udi, total jumlah penyapu jalan di kota Yogya ada sekitar 200 orang. Mereka tersebar di depan sektor yakni Sektor Kranggan, Malioboro, Krasak, Gunungketur, Ngasem, Gading, Tungkak dan Kotagede. Rata-rata bekerja malam hari hingga waktu subuh dan harus sudah selesai Pukul 07.00 WIB,

“Tak ada hari libur bagi mereka. Pun jika hari raya, mereka musti kerja sebelum menunaikan ibadah dan seusai ibadah harus bekerja kembali sekiranya kawasan perlu dibersihkan. Kami mengucapkan terimakasih kepada KOBAR yang telah memberikan bantuan sembako, ini sangat berarti bagi para penyapu jalan,” ucapnya. (rd)

Redaktur: Rudi F 



 



Terpopuler


Baca Juga