IKKJ dan IKAL Bagi Seribu Takjil di Titik Nol Yogyakarta

YOGYAKARTA –Komunitas Info Kecelakaan dan Kriminalitas Jogjakarta (IKKJ) dan Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membagikan sedikitnya seribu Takjil atau makanan berbuka puasa di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Rabu (06/06/2018), sore.

Ketua IKKJ, Iwan Setiawan, S.I.P mengungkapkan, kegiatan pembagian takjil IKKJ bersama IKAL DIY ini juga didukung oleh Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda DIY, dan Satlantas Polda DIY dari Unit PJR.

Menurut Iwan pembagian takjil sengaja dipusatkan di titik nol KM karena merupakan pusat kota dengan aktivitas masyarakat yang beragam. Takjil, kata dia, dibagikan dengan sasaran pengguna jalan yang melintas, wisatawan, pengemudi becak, andong dan pedagang asongan,

“Jadi kami tidak membedakan baik yang kaya dan yang miskin, karena dalam bulan Ramadhan ini semuanya berpuasa,” tuturnya disela-sela kegiatan.

Iwan menambahkan, dalam pembagian takjil di titik nol Km yang dimulai Pukul 16.00 WIB hingga Maghrib tersebut, IKKJ menerjunkan 40 anggota dibantu Srikandi dan Anggota serta Pengurus IKAL.

Untuk IKKJ sendiri, kata dia, kegiatan pembagian takjil di Bulan Suci Ramadhan sudah yang kedua kalinya, setelah yang pertama 28 Mei kemarin,

“Program kami bukan hanya bagi takjil, tapi juga ada sahur on the road, ada shalat tarawih keliling sambil kita bagikan Al Qur’an, sajadah dan lain-lain. Terus yang terakhir kita bikin posko mudik,” ungkapnya.

Dikatakan Iwan, selain sebagai bentuk ibadah dengan memberikan makanan buka puasa, program pembagian takjil juga bertujuan untuk semakin mengeratkan tali silaturahmi dengan masyarakat DIY, terutama bagi komunitas IKKJ yang selalu up date dalam info kecelakaan dan kriminalitas di Yogyakarta,

“IKKJ berdiri sejak 2010, kami selama ini kami terjun langsung membantu, menginfokan seputar kriminalitas dan kecelakaan. Bahkan sebelum kami mendapat back up dari Polda DIY, kami sudah terjun langsung secara mandiri dan suka rela membantu korban kecelakaan dan kriminalitas,” imbuhnya.

Sementara itu, koordinator kegiatan dari pengurus IKAL DIY, Edy Wijayanti, AMK, SE, M.H.Kers, menuturkan, IKAL mengapresiasi dan serta mendukung kegiatan pembagian takjil bersama IKKJ.

Menurut Edy, IKAL merupakan organisasi yang berfokus pada bidang wawasan nusantara, ketahanan nasional, dan nilai-nilai kebangsaan. IKAL DIY, kata dia,  menjalankan fungsi sebagai sarana komunikasi kekeluargaan antar alumni, antar alumni dengan almamater dan dan antara alumni dengan masyarakat,

“Jadi kegiatan ini merupakan amal ibadah anggota IKAL sekaligus menjalankan fungsi IKAL DIY yang selalu siap bersinergi dan bekerjasama dengan unsur tiga pilar yang terdiri dari Pemerintah, TNI-Polri dan Masyarakat, demi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya DIY” tutup Edy Wijayanti yang menjabat Bendahara IKAL DIY. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com