FT UJB Rintis Kerjasama Pengolahan Sampah Untuk Energi dengan Zhejiang University


Prof. Dr. Mi Yan dari Zhejiang University didampingi Dr. Mochamad Syamsiro saat menjadi dosen tamu dalam kuliah umum di FT UJB. Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA – Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT UJB) Yogyakarta merintis kerjasama dalam bidang teknologi pengolahan sampah untuk dijadikan sumber energi dengan Zhejiang University of Technology, Repuplik Rakyat China (RRC).

Sebagai langkah awal, FT UJB mengundang dosen tamu internasional dari Zhejiang University of Technology, Prof. Dr. Mi Yan dalam kuliah umum bertema, “Development of Waste to Energy in Developing Countries”  yang berlangsung di Ruang Eksekutif lantai 2 FT UJB, Pingit, Yogyakarta, Senin (10/09/2018) siang.

Kuliah umum tersebut diikuti sedikitnya seratus mahasiswa FT UJB. Dalam kuliah umum selama sekira dua jam, dimulai Pukul 13.30 WIB itu, Prof. Mi Yan yang menggunakan bahasa inggris dipandu oleh Wakil Dekan FT UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro. 

Dekan FT UJB Titiek Widiyasari, S.T., M.T, menuturkan, dihadirkannya Prof. Mi Yan dalam kuliah umum, merupakan bagian dari program FT UJB khususnya di Program Studi Teknik Mesin, untuk sharing (berbagi ilmu) tentang pengolahan sampah yang dikaitkan dengan isu energi.

Menurutnya, FT UJB melalui salah satu akademisinya, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro,  selama ini sudah concern (fokus)  dalam pengembangan teknologi pengolahan sampah untuk dijadikan Bahan Bakar Minyak (BBM), 

“Jadi kuliah umum ini bisa dikatakan follow up (tindak lanjut) yang sudah dirintis FT UJB, tentunya untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) dan ilmunya. Sebelum mengisi kuliah umum, Prof Mi Yan juga sudah mengunjungi pengolahan sampah untuk dijadikan energi yang dikembangkan oleh Dr. Syamsiro di Piyungan, Kabupaten Bantul” tutur Titiek usai menyampaikan sambutan dalam kuliah umum.

Sebagai tindak lanjut kuliah umum, Titiek berharap ke depan kerjasama antara UJB dengan Zhejiang University of Technology akan semakin ditingkatkan, khususnya dalam pengembangan pengolahan sampah untuk dijadikan energi baru,

“Harapannya ke depan kita bisa menjalin joint riset (kerjasama penelitian)  yang lebih intens antara FT UJB dengan Zhejiang University of Technology. Mungkin kami  akan menggagas MoU (Memorandum of Understanding) karena kita sama-sama membutuhkan untuk pengembangan,” tuturnya.

Titiek menambahkan, fokus FT UJB saat ini adalah  peningkatan wawasan keilmuan serta partisipasi kepada pemerintah dan masyarakat, khususnya pengelolaan sampah yang masih menjadi salah satu problem bangsa Indonesia.

“Mudah-mudahan Rabu (12/09/2018) besok kita ikut berpartisipasi untuk memberikan opini tentang pengelolaan sampah dalam gelar kasus dengan Lembaga Ombudsman.  Nantinya dihadirkan narasumber yang berkompeten dan konsentrasi dalam hal energi. Dari kita narasumbernya juga Dr.Syamsiro,” imbuh Titiek Widiyasari. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin AS


 





Baca Juga