Peringati Hari Sumpah Pemuda, Prajurit Lanal Yogyakarta Ikuti Upacara di Dua Tempat


Prajurit Lanal Yogyakarta ikuti upacara peringatan hari sumpah pemuda. Foto: ist

YOGYAKARTA - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta-Lantamal V Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd turut hadir pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertempat di lapangan Panahan Jl. Kenari Muja Muju Yogyakarta pada Senin (29/10/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kapolda DIY, Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si dengan Komandan Upacara (Danup) Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (P) Jito Purwadi dan Perwira Upacara (Paup) oleh Kepala Urusan Administrasi dan Personel (Kaurminpers) Lanal Yogyakarta Kapten Laut (KH) Agus Mulyanto dan diikuti sekitar 1500 orang dari satuan TNI Polri, instansi pemerintah serta berbagai  kelompok organisasi kepemudaan dan masyarakat wilayah DIY.

Turut hadir pejabat unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) DIY antara lain Danrem 072/PMK Brigjen TNI M. Zamroni, S.IP, mewakili Gubernur AAU Kolonel Adm Imam Supangat, mewakili Danlanud Adisucipto Kolonel Tek Dani EW, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd, Kajati DIY Erbagtyo Rohan, S.H,M.H, dan Kadispora DIY Drs R. Kadarmanta Baskara.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 ini adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Dalam amanat Menpora Imam Nahrawi yang dibacakan Irup, disampaikan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menpora juga menyampaikan Revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. 

"Semoga melalui peringatan ini kita selalu meghormati jasa para pemuda, jasa pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya", mengakhiri pembacaan amanat Menpora.

Di tempat terpisah, prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta juga menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 di lapangan apel Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta, selaku Irup oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar. Stud dan selaku Danup oleh Komandan Satuan Markas (Dansatma) Lanal Yogyakarta Kapten Laut (E) Totok Musyanto dengan acara pokok dibacakannya teks Keputusan Konggers Pemuda Indonesia Tahun 2018 serta pembacaan amanat Menpora Imam Nahrawi oleh Irup didepan peserta upacara. (pr)

Sumber: Pen Lanal Yogyakarta


 





Baca Juga