Lanal Yogyakarta Bersama Unsur Forkompinda DIY Gelar Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018


Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMPKusuma Negara Yogyakarta. Foto: ist
YOGYAKARTA - Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan nasional serta sebagai upaya melestarikan semangat perjuangan para pahlawan bagi generasi penerus bangsa, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta-Lantamal V bersama unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan serangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember Tahun 2018 pada Jumat dan Sabtu (9-10/11/18)
 
Rangkaian kegiatan peringatan tersebut antara lain upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), upacara Puncak Peringatan dan Ziarah Nasional. Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut bersama unsur Forkompinda DIY, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd beserta prajurit Lanal Yogyakarta.
 
Upacara AKRS dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Semaki Yogyakarta pada Jumat malam (9/11) dengan Inspektur Upacara (Irup) oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Adisucipto Marsma TNI Ir. Teddy Rizalihadi, yang dihadiri pimpinan TNI Polri dan unsur Forkompinda DIY dengan peserta upacara antara lain satuan TNI Polri, pegawai Pemprov DIY, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), organisasi Pemuda dan Masyarakat serta perwakilan keluarga pahlawan yang di makamkan di TMP. 
 
Upacara Puncak Peringatan Hari Pahlawan 1 Nopember 2018 Tingkat Provinsi DIY bertempat di lapangan Sapta Marga Mako Yonif 403/WP Kentungan Condongcatur Depok Sleman, selaku Irup Komandan Resort Militer (Danrem) 072/PMK Brigjen TNI M. Zamroni, S.Ip dengan mengusung tema peringatan nasional Hari Pahlawan Tahun 2018 yakni "Semangat Pahlawan Di Dadaku". Rangkain kegiatan peringatan dilanjutkan upacara Ziarah Nasional bertempat di TMP Kusumanegara dengan Irup Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Achmad Dofiri.
 
Adapun intern upacara Peringatan Hari Pahlawan oleh Lanal Yogyakarta digelar di lapangan apel Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta, bertindak selaku Irup oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud dan diikuti segenap perwira staf, prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta.
 
Amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan Palaksa Lanal Yogyakarta antara lain mengingatkan bangsa Indonesia agar menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai kepahlawanan di kehidupan sehari-hari.
 
“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia".
 
"Setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri dan lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara", sebagai ahkir pembacaan amanat. (*)
 
*Sumber: Pen Lanal Yogyakarta

 





Baca Juga