Hadirkan Nuansa Baru Berlibur, SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh Dibangun

SLEMAN – Destinasi wisata dengan nuansa baru dibangun di Desa Banyurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tempat wisata tersebut yaitu SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh.

Berbeda dengan wisata desa kebanyakan, SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh, hadir dengan konsep menggabungkan wisata alam, hiburan, olahraga, pendidikan, budaya serta kearifan lokal masyarakatnya.

Kepala Desa Banyurejo, Rusmanto mengatatakan, Pemerintah Desa Banyurejo sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh. Menurutnya, pembangunan tempat wisata tersebut diinisiasi oleh Sugiyanto Harjo Semangun, warga asli Dusun Pokoh yang sukses sebagai pengusaha,

“SHS itu singkatan dari nama Sugiyanto Harjo Semangun, beliau yang mendanai pembangunan SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh tanpa bantuan pihak manapun. Beliau rela menginvestasikan sedikitnya Rp 5 Miliar untuk membangun tempat wisata ini karena ingin memajukan masyarakat di desa kelahirannya. Bahkan nantinya beliau akan memberikan seluruh hasil retribusinya untuk pembangunan desa,” ujarnya usai membuka acara senam sehat dan fun bike memperingati Hari Pahlawan di lokasi SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh, Minggu (11/11/2018) siang.

Dijelaskan Rusmanto, SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh dibangun di atas lahan seluas sekira 1,5 hektar, yang sebagian besarnya milik pribadi Sugiyanto, sedangkan sebagiannya lagi merupakan tanah kas desa yang disewanya. Saat ini, kata dia, pembangunan infrastruktur baru sekitar 20% yang sudah diselesaikan,

“Konsep Socio Eco Preneur ini juga dicetuskan Pak Sugiyanto sendiri dibantu tim dari Universitas Gadjah Mada. Jadi nanti di sini akan dibangun antara lain taman edukasi untuk anak-anak PAUD, sanggar kesenian tradisional gamelan, sport centre, kolam renang atau water boom dan wisata berkuda. Jadi benar-benar akan menghadirkan nuansa baru berlibur bagi wisatawan,” ujarnya.

Rusmanto berharap masyarakat Sleman, khususnya di Desa Banyurejo mendukung terselenggaranya SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh, karena akan sangat bermanfaat guna peningkatan kesejahteraan bersama,

“Harapannya setelah nanti resmi dibuka, SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh bisa menyedot banyak wisatawan. Oleh karenanya kami mohon dukungan semua pihak untuk suksesnya pembangunan SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh yang tentunya akan meningkatkan perekonomian warga ini,” harap Rusmanto. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com