Selasa, 14/05/2019 15:03 WIB | Dibaca: 80 kali

Kodim Bantul Selenggarakan Safari Kamtibmas dan Buka Puasa Bersama


Safari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dan buka puasa bersama di Mako Kodim 0729/Bantul. Foto: ist

BANTUL – Menyemarakkan bulan suci Ramadhan, Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul menyelenggarakan safari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan buka puasa bersama dengan jajaran Polri, Forkopimda Kabupaten Bantul, dan elemen masyarakat, di Makodim 0729/Bantul, Senin (13/05/2019). 

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri M.Si, Gub AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah S.E, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni, Danlanal Yogya Kolonel Marinir Bambang Adrianto, Kasi Korem 072/Pmk, Bupati Bantul Drs. Suharsono, Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, M.I.Pol., Kapolres Bantul AKBP Sahat M. Hasibuan, Jajaran Forkopimda Kab Bantul, para anggotan TNI-Polri dan Pns Kodim 0729/Bantul dan Polres Bantul, anak-anak yatim piatu serta Ustadz Gus Miftah selaku pemberi kultum menjelang buka puasa. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 800 orang.

Dalam sambutannya, Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, M.I.Pol menyampaikan, mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan prajurit TNI-Polri,

“Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan pahala serta ampunan dengan segala rahmat Allah SWT. Begitu mulia dan penuh berkahnya bulan ramdhan ini sehingga sebagian besar umat muslim sangat bahagia dan antusias dalam menyambut datangnya bulan ini dan diakhiri dengan kemenangan yang besar dalam menjalankan ibadah puasa selama 1 bulah,” kata Dandim Bantul.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kapolri dan Panglima TNI menekankan agar melaksanakan buka bersama secara berkeliling dan bergilir untuk menjaga kebersamaan khususnya TNI-Polri dan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada perwakilan anak yatim dan pejuang veteran oleh Danrem 072/Pmk, Kapolda DIY, dan Bupati Bantul.

Sementara itu tausyiah menjelang buka puasa, disampaikan oleh Gus Miftah. Dalam tausiyahnya Gus Miftah menyampaikan hakekat makna puasa,

"Hakekatnya makna puasa adalah tidak hanya menahan diri dari yang membatalkan puasa namun juga harus menahan diri dari segala perbuatan yang mengurangi pahala berpuasa. Tujuan ibadah puasa adalah untuk mencapai derajat taqwa da  orang yang bertaqwa adalah orang yang imannya senantiasa aktif membentuk dirinya, sehingga dia tetap istiqamah dalam beribadah, berakhlak mulia dan terjauh dari segala dosa serta maksiat," tuturnya dalam acara yang juga dihadiri Empat Pilar, FKUB, Toga, Tomas dan Ormas.

Setelah buka puasa, kegiatan dilanjutkan sholat magrib, isa' dan tarawih berjamaah di Aula Makodim 0729/Bantul.(kt3)

Redaktur: Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga