Berbagai Unsur Pejabat DIY Ikuti FGD Kemenpolhukam RI Terkait Telekomunikasi


Kemenpolhukam RI menggelar FGD di Alana Hotel Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenpolhukam RI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ruang Amartapura Hall A The Alana Hotel And Convention Center Jl. Palagan Tentara Pelajar KM. 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Kamis (27/06/2019).

FGD mengusung tema "Merevival Kedaulatan Telekomunikasi Pemerintah Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Informasi Nasional". 

Menkopolhukam,Moeldoko dalam sambutan yang dibacakan oleh Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenpolhukam RI, Marsdya TNI Rus Nurhadi Sutejo, mengungkapkan pelaksanaan FGD, dilaksanakan dalam upaya pemerintah untuk menangkal setiap bentuk ancaman keamanan dan kerugian telekomunikasi nasional.

Menkopolhukan mengungkapkan, telekomunikasi saat ini cenderung disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan kelompok untuk tujuan tertentu,

“Penyalahgunaan telekomunikasi antara lain berupa penyebaran hoaks dan ujaran kebencian, pengumpulan data intelijen serta penyadapan data negara secara ilegal yang harus mendapat atensi dari semua pihak, baik jajaran pemerintah, akademisi, pelaku industri serta para pemerhati telekomunikasi,” ungkap Rus Nurhadi membacakan sambutan Menkopolhukam.

Usai paparan materi oleh para nara sumber dan diskusi oleh peserta, dibacakan resume hasil FGD.  Diantaranya adalah bahwa peran pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan dan keamanan telekomunikasi dalam menghadapi bentuk ancaman kebocoran telekomunikasi dapat dilakukan dengan upaya penggunaan produk perangkat dalam negeri. Hal itu, harus didukung dengan pola strategi pengembangan industri yang dapat diterima oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia.

FGD dihadiri pejabat dari berbagai unsur pemerintah dan lembaga negara, termasuk Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro mewakili Asops Kasal.

Pejabat Forkopimda DIY serta pejabat Kemenpolhukam RI turut hadir antara lain, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenpolhukam RI Marsdya TNI Rus Nurhadi Sutejo, Asops Kasal diwakili Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Pimpinan Forkopimda DIY, Kadis Komunikasi dan Informatika Pemprov DIY Ir. Ronny Primantohari, M.T., serta Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M.Mar Stud selaku peserta FGD dari Lanal Yogyakarta. (kt3)

Redaktur: Hamzah

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga