Jajaran TNI Yogyakarta Terima kunjungan Siswa Lemhanas RI Angkatan LIX Tahun 2019


Kunjungan peserta Studi Strategi Dalam Negeri, Program Dikreg Angkatan LIX TA. 2019 Lenhamnas RI di Makorem 072/Pamungkas. Foto: ist

YOGYAKARTA - Korem 072/Pamungkas, Lanud Adisutjipto dan Lanal Yogyakarta menerima kunjungan  peserta Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN) Program Dikreg Angkatan LIX TA. 2019 Lenhamnas RI yang berlangsung di  Aula Serba Guna Korem 072/Pamungkas, Selasa (02/07/2019).

Kegiatan tersebut diawali sambutan Gubernur Lemhannas RI yang dibacakan oleh Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M. selaku Tenaga Pengkaji Bidang Geostrategi dan Tannas Lemhamnas RI yang juga sebagai pimpinan rombongan.

Dalam sambutannya Gubernur Lemhanas RI  menyampaikan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Dikreg Angkatan LIX Th. 2019 Lenhamnas RI merupakan salah satu program kegiatan yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada para peserta guna mempelajari, memahami dan mengkaji potensi serta berbagai permasalahan yang dihadapi daerah dari aspek kesejahteraan dan keamanan. Dengan harapan dapat mengetahui pembangunan nasional dan ketahanan nasional serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para Peserta Pendidikan Reguler Angkatan  (PPRA) LIX Lemhanas diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang bagaimana memahami dan menyikapi situasi dan kondisi serta dinamika kehidupan masyarakat yang akhir-akhir ini berubah dengan cepat, serta dapat memberikan solusi penanganan sampai ke akar permasalahan. 

Diharapkan melalui program SSDN ini peserta PPRA LIX Lemhanas ini dapat memperoleh gambaran tentang kondisi wilayah yang berkaitan dengan aspek ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, hankam dalam perspektif ketahanan nasional, dan hasil dari SSDN nantinya dapat segera dikaji dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI. M. Zamroni turut memaparkan situasi dan kondisi umum wilayah DIY dan Karesidenan Kedu. Danrem 072/Pmk mejelaskan bahwa tugas pokok korem 072/Pamungkas hanya ada Pertempuran dan Pembinaan Teritorial. Ucap Brigjen TNI M Zamroni.

Bigjen TNI Zamroni juga menambahkan gambaran tentang kondisi wilayah Yogyakarta yang berkaitan dengan aspek ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, hankam dalam perspektif ketahanan keamanan nasional yang berada di wilyah DIY, serta permasalahan yang ada dimana payung hukumnya belum ada, Terang Danrem 072/Pmk.

Selanjutnya acara dilanjutkan paparan oleh Danlanud Adisupcito, dan paparan Danlanal Yogyakarta yang diwakili oleh Palaksa Lanal Yogyakarta.

Dalam akhir acara tersebut dilanjutkan penyerahan cinderamata dan foto bersama didepan halaman Korem 072/Pamungkas. (pr)

Sumber: Penrem 072/Pmk


 





Baca Juga