Lanal Yogyakarta Ikuti Penanaman Mangrove Pada Puncak Acara Hari Konservasi Alam Nasional 2019


Kegiatan Penanaman Mangrove Pada Puncak Acara Hari Konservasi Alam Nasional 2019. Foto Ist
YOGYAKARTA - Dalam upaya turut serta berperan aktif menjaga konservasi alam di sepanjang garis pantai selatan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V bersama dengan komponen organisasi wanita tiga Kementerian RI (Menpan, Mendag dan Menkeu) yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja Tahun 2019 melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove di kawasan pantai Baros, Ds. Tirtohargo Kec. Kretek Kab. Bantul Yogyakarta pada Rabu pagi (07/08/19).
 
Rangkaian kegiatan penanaman mangrove tahap III, sudah dimulai pada hari Selasa, 6 Agustus 2019 yang diikuti oleh unsur TNI Polri, Muspika, organisasi pemuda dan masyarakat serta pelajar dan Pramuka yang selanjutnya pada hari Rabu 7 Agustus 2019 sebagai puncak kegiatan penanaman mangrove dirangkaikan dengan puncak acara Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2019.
 
Hadir dalam kegiatan jajaran Ketua dan Pengurus OASE Kabinet Kerja antara lain Ny. Mulyani S. (Ibu Menpan), Ny. Pegy E.L. (Ibu Mendag), Ny. Retno M.(Ibu Wamenkeu), Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Aryo Paku Alam X (Ibu Wagub DIY), Bupati Kab. Bantul Drs. Suharsono, pimpinan dan personel TNI Polri wilayah Yogyakarta serta komponen masyarakat lainnya. Keikutsertaan personel dari Lanal Yogyakarta tidak hanya berasal dari anggota Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas Kab. Bantul semata, namun juga melibatkan prajurit dari Mako Lanal Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud, serta diikuti Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Lanal Yogyakarta dipimpin langsung oleh Ketua Cabang 8 Ny. Shanty Bambang Adriantoro.
 
Dalam kesempatan menyampaikan sambutan pada acara puncak kegiatan OASE, Ketua Panitia oleh Ir. Sutrisno menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa kegiatan penanaman mangrove yang digelar di pantai Baros Kab. Bantul Yogyakarta dalam rangkaian HKAN Tahun 2019 juga serentak dilaksanakan di 12 provinsi Indonesia, penanaman di pantai Baros sebanyak 5000 bibit mangrove dengan harapan semakin berkembangnya kawasan hutan mangrove dan dapat menghindarkan kerusakan atau penggerusan pantai serta dalam upaya pemulihan dan penghijauan lingkungan.
 
Terkait kegiatan yang telah sukses dilaksanakan ini, Komandan Lanal (Danlanal ) Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro menyampaikan tanggapannya antara lain bahwa pantai-pantai wilayah kerja Lanal Yogyakarta yang merupakan daerah pesisir samudera Hindia memiliki karakter gelombang tinggi sepanjang musim serta rentan terhadap bencana alam tsunami. Keberadaan hutan mangrove di kawasan pantai-pantai selatan diharapkan dapat mengurangi resiko bencana serta sebagai upaya proaktif terhindar dari kerusakan lingkungan.
 
"Semoga dengan aksi dan kepedulian penanaman mangrove bersama ini, akan semakin berkembang hutan-hutan mangrove baru di kawasan pantai selatan serta sebagai salah satu metode edukasi kepada masyarakat, betapa pentingnya manfaat menjaga konservasi alam dan mencegah kerusakannya, baik karena faktor alam atau oleh perbuatan manusianya", tegas Danlanal Yogyakarta. (pr)
 
Sumber: Pers Rilis Pen Lanal Yogyakarta

 





Baca Juga