Rabu, 11/09/2019 20:07 WIB | Dibaca: 240 kali

Presiden Ketiga RI BJ Habibie Tutup Usia, Rabu 11 September 2019


BJ. Habibie. Foto:doc/ist

JAKARTA – Indonesia kehilangan satu lagi sosok yang pernah memimpin Negara. Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun, Rabu (11/09/2019) di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.05, tadi.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya. Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Kepastian kabar duka tersebut disampaikan putra Habibie, Thareq Kemal Habibie. Berikut kutipan pernyataan Thareq Kemal Habibie kepada media di Jakarta;

Bismillahirrohmanirrohim. Saudara-saudara, atas nama Allah Yang Mahabesar, kami harus dengan sangat berat mengucapkan bahwa ayah saya, Bacharuddin Jusuf Habibie, presiden ke-3, telah meninggal dunia jam 18.03.

Innalillahi wainnailaihi rojiun

Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memang kemarin kan saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan karena penuaan itu karena memang orang menjadi tua. Organ-organ itu melemah menjadi tidak kuat lagi.

Maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah. Sampai detik terakhir saya ada di situ. Tapi hari ini pada tanggal 11 September, jam 18.05 Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie sudah meninggal dunia.

Semoga, tim dokter sudah berbuat yang terbaik. Tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya, mohon dukacitanya, kami berterima kasih, mohon pengertian bahwa kami dalam keadaan berkabung.

Atas wafatnya BJ. Habibie, Presiden Joko Widodo (Jokowi) Menyampaikan ucapan bela sungkawa yang mendalam,

“Menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya ke rakhmatullah, Bapak Prof BJ. Habibie,”kata Jokowi.

Menurut Jokowi, nantinya dari RSPAD Gatot Subroto, jenazah BJ Habibie akan dibawa ke rumah duka di Kuningan,

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, diberikan kesabaran dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan oleh Bapak Profesor BJ Habibie semasa hidupnya,” harap Jokowi. (kt3)

Redaktur: Hamzah


 





Baca Juga