Palaksa Lanal: Masyarakat DIY Perlu Samakan Persepsi Tentang Potensi Laut


Palaksa Lanal Yogyakarta saat menjadi pemateri dalam Sarasehan Kemaritiman di Dislautkan DIY. Foto:ist

YOGYAKARTA – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar Sarasehan Kemaritiman dalam rangkaian Festival Budaya Bahari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2019, di Kantor DislautkanDIY, Jl. Sagan III No. 4 Yogyakarta pada Rabu (11/09/2019).

Sarasehan Kemaritiman yang mengusung tema "Laut Masa Depan Bangsa" tersebut diikuti peserta perwakilan mahasiswa berbagai dari berbagai Perguruan tinggi dan pelajar Sekolah Menegah Tingkat Atas di Yogyakarta DIY, kader Pramuka Saka Bahari DIY, serta para nelayan wilayah pantai DIY yang tergabung organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

Hadir sebagai pembicara  diantaranya Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Lantamal V,  Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud mewakili Danlanal Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro.

Dalam kesempatan tersebut ,Haryo Wiji Pratomo memaparkan materi tentang Sejarah Kemaritiman Indonesia. Ia mengatakan, saat ini penting bagi segenap elemen masyarakat Yogyakarta untuk menyamakan persepsi agar bersama-sama berupaya menitik beratkan program pengenalan dan peningkatan pengetahuan serta pemahaman tentang sumber daya kelautan yang dimiliki DIY untuk kesejahteraan masyarakat,

Menurutnya, generasi muda merupakan modal dasar yang amat penting sehingga kedepannya telah siap menyongsong peradaban baru,

“Dimana salah satu strategi budaya yang diterapkan adalah membalik paradigma ‘Among Tani’ menjadi ‘Dagang Layar’, dari pembangunan berbasis daratan ke kemaritiman dengan menggali, mengkaji, dan menguji serta mengembangkan kearifan lokal atau local genius yang bertumpu pada sejarah kelautan tempo dulu,” katanya dalam siaran pers Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi.

Selain dari Lanal Yogyakarta, dihadirkan pemateri lain dalam sarasehan, yaitu dari Forum Mitra Bahari, Bayu Hartanto  yang meyampaikan topik materi tentang Pengembangan SDM Kelautan Yang Unggul Guna Menyongsong Abad Samudra, serta Ditpolair Polda DIY AKBP Bayu Herlambang, S.H dengan topik materi terkait Penegakan Kedaulatan Di Perairan Indonesia atau DIY.

Acara Sarasehan Kemaritiman dibuka oleh Asisten 2 Sekretariat Daerah (Sekda) DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov DIY Drs. Tri Saktiyana, M.Si.

Kegiatan sarasehan juga dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Pemprov DIY Ir. Bayu Mukti Sasongka, M.Si., Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (T) Mufit, Kepala Bidang (Kabid) Kelautan Pesisir Pengawasan DIY Dra Endang Esti Rahayu, staf Dinas Kelautan dan Perikanan se-DIY. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal


 



Terpopuler


Baca Juga