Peringati HUT TNI, Seluruh Matra Upacara Ziarah Nasional di TMP Kusumanegara


Ziarah Nasional di TMP Kusuma Negara Yogyakarta diikuti seluruh pimpinan TNI dari tiga Matra. Foto:ist

YOGYAKARTA - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 TNI Tahun 2019, seluruh jajaran pimpinan dari tiga matra TNI, angkatan Darat (AD), Laut (AL), dan Udara (AU) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengikuti upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta Jumat (04/10/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma TNI Dr Djumadi MS, Sp. KP dengan Komandan Upacara (Danup) oleh Kasiops Kodim 0734/Yka Mayor Inf Acuk Adrinto.

Rangkaian acara  Ziarah Nasional di TMP Kusumanegara  diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta. Usai peletakan karangan bunga oleh Irup, unsur pimpinan TNI diantaranya Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro melakukan tabur bunga di makam pahlawan.

Para Ketua dan pengurus Dharma Pertiwi serta seluruh peserta upacara secara bergantian juga melakukan prosesi serupa.

Usai upacara, Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro menuturkan, acara ziarah nasional dan tabur bunga ini tak hanya semata-mata untuk memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa. Akan tetapi, kata dia,  diharapkan menjadi bahan renungan bagi generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang,

”Tentang arti patriotisme hingga semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan, sehingga dapat menjadi motivasi kepada kita sekalian sebagai generasi penerus dalam melanjutkan perjuangan, khususnya kepada anggota Lanal Yogyakarta, semoga berbekal makna tersebut dapat melaksanakan kewajiban sesuai tugas pokok dan fungsinya dengan baik,” tuturnya dikutip dari keterangan tertulis Pen Lanal Yogyakarta, yang diterima redaksi.

Diinformasikan, peserta upacara ziarah nasional dan tabur bunga terdiri satuan Korsik, peleton gabungan Pama, Korem  072/PMK,  Lanal Yogyakarta, Lanud Adisucipto. Selain itu upacara juga diikuti Persatuan Dharma Pertiwi terdiri dari Ketua dan Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Rem 072 PD IV/Diponegoro, Ketua dan pengurus Cabang 8 Korcab V DJA II Jalasenastri Lanal Yogyakarta serta Ketua dan pengurus Ardhya Garini Cabang II Lanud Adisucipto. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga