Minggu, 27/10/2019 11:26 WIB | Dibaca: 276 kali

Klien Anak Bapas Jogja, Antusias Ikuti Pelatihan Bimbingan Kemandirian


Klien Anak Bapas Jogja Antusias Ikuti Pelatihan Bimbingan Kemandirian, Foto :Bondan

YOGYAKARTA - Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta(Bapas Jogja) mengadakan bimbingan kemandirian bagi klien anak melalui pelatihan laundry sepatu, pembuatan telur asin, dan pisang aroma,Sabtu(26/10/2019).

Bertempat di Balai Pemasyarakatan kelas I Yogyakarta, kegiatan ini dihadiri oleh klien anak bimbingan Bapas Jogja didampingi oleh orang tuanya. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak Hartono.

Dalam sambutannya Hartono berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya.

"Meskipun pelatihan ini singkat, tapi ilmu yang ada sangat bermanfaat untuk kalian kedepannya, yang paling penting adalah kuasai ilmunya lebih dulu untuk bekal, selanjutnya akan mengikuti," pesannya.

"Orang tua dari klien juga diikutsertakan dalam kegiatan ini, hal ini bertujuan agar tercipta hubungan yang harmonis antara anak dan orangtuanya dalam berkomunikasi ke depannya, Komunikasi kepada anak sangat penting, dukung apa yang anak sukai, selama kegiatannya adalah kegiatan positif, insha Allah akan mendatangkan kebaikan ke depan nya," imbuh Hartono yang diteria redaksi, Minggu(27/10/2019)

Dalam kegiatan ini, Bapas Jogja menjalin kerjasama dengan pelaku usaha laundry sepatu Benny dengan brand SHOE'OG, dan sebagai narasumber. Pelatihan ini meningkatkan antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan, anak anak bisa belajar dan praktik langsung dibawah arahan dari ahlinya. Selain memberikan praktik, Benny memberikan motivasi kepada peserta untuk mulai bergerak menghapus stigma negatif dari lingkungan sekitar.

"Waktu seumur kalian, saya juga pernah bermasalah dengan hukum, tapi lihatlah sekarang saya bisa berubah menjadi lebih baik dan membuktikan kepada masyarakat bahwa kita ini bisa keluar dari zona nyaman dan mulai produktif,"ungkap nya.

Selain Laundry sepatu, peserta juga diberikan bekal tentang cara membuat pisang aroma. Endang susilowarti, Pembimbing Kemasyarakatan Muda Bapas Jogja memandu langsung pembuatan pisang aroma. Pembuatan telur asin dipandu oleh ketua pelaksana, Kepala Sub seksi BImbingan Kerja Klien nak, Siti Umiyati.

"Sesuai program unggulan Bapas Jogja, satu klien satu kemampuan, kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan kepada klien, sehingga di masa akhir bimbingan anak sudah memiliki keterampilan, kegiatan ini diadakan pada hari sabtu karena anak anak di wilayah kota yogyakarta pada hari sabtu kegiatan belajar mengajar libur," jelas umi.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB berakhir pukul 12.00 WIB, di akhir kegiatan Benny mewakili SHOE'OG memberikan pesan dan kesannya setelah menjadi narasumber dalam kegiatan.

"Sesuatu yang menyenangkan bisa berbagi ilmu kepada anak-anak bimbingan Bapas Jogja, dan saya merasa kegiatan ini tepat diberikan, melakukan kegiatan laundry sepatu adalah kegiatan untuk melatih fokus, teliti dan sabar. Emosi kita menjadi tenang ketika kita melakukan prosesnya, kelihatannya hanya sepele tetapi proses pengerjaannya tidaklah main main. ari sisi ekonomi usaha ini sedang naik daun, keuntungan lebih banyak dari pada modal yang dikeluarkan, dan yang terpenting lagi kegiatan ini bisa dilakukan disela sela waktu sekolah, bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, daripada nongkrong tidak jelas , lebih baik melakukan laundry sepatu, bisa dapat uang pula," jelasnya.

"Bapak dan ibu petugas Bapas Jogja ini menyenangkan , santun dan ramah, ketika pelatihan bisa menciptakan suasana kekeluargaan kepada anak anak dan orang tua,"imbuh Benny.

Salah satu peserta yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik, saya akan langsung coba praktekkan dirumah.

"Kebetulan saya koleksi sepatu, selama ini hanya dicuci disikat dengan detergen saja lalu jemur, tetapi setelah mengetahui caranya ini saya akan langsung  praktekkan dirumah," katanya.

Di lain pihak Kepala Bapas Jogja Muhammad Ali Syeh Banna mengatakan bahwa dalam mewujudkan program unggulan Bapas Jogja yang salah satunya satu klien satu kemampuan, Bapas Jogja terus berusaha meningkatkan kerjasama dengan pihak manapun dan men seleksi kegiatan yang mudah dikuasai dan langsung bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi klien Bapas Jogja,"pungkas nya(Bond)

Redaktur : Anto


 





Baca Juga