Senin, 28/10/2019 19:20 WIB | Dibaca: 133 kali

Wujudkan Kampus Sehat, FISIPOL UGM Kembangkan Wellness Center


Fisipol UGM mewujudkan kampus sehat mewujudkan kampus sehat (Fisipol Helathy Campus) untuk mendukung program Health Promoting University (HPU) UGM. Foto:ist

YOGYAKARTA - Kampus FISIPOL UGM mengembangkan wellnes center sebagai salah satu upaya mewujudkan kampus sehat (Fisipol Helathy Campus) untuk mendukung program Health Promoting University (HPU) UGM.

Wellness center merupakan modifikasi dari pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM) yang merupakan sarana monitoring faktor risiko penyakit tidak menular. Untuk mewujudkan Wellness center tersebut, FISIPOL menyelenggarakan pelatihan duta Wellness Center yang dilakukan pada tanggal 25 dan 30 Oktober 2019 di kampus setempat. Duta Wellness Center merupakan “kader posbindu PTM” yang akan menggawangi kegiatan Wellness Center Fisipol.

Wakil Dekan Bidang SDM dan asset Fisipol UGM, Nurhadi, PhD, menyebutkan duta Wellness center ini khusus bertanggungjawab untuk pelaksanaan kegiatan wellness center atau posbindu PTM di Fisipol,

"Terdapat 16 duta yang terpilih berasal dari tenaga kependidikan FISIPOL," terangnya dalam rilis yang diterima redaksi, Senin (28/10/2019).

Untuk meningkatkan kemampuan para duta ini, Nurhadi mengatakan pihaknya melakukan pelatihan dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM. Beberapa diantaranya seperti dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., PhD, Prof. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., PhD., Dr. Heny Suseani Pangastuti, Skp., M.Kes., Meliza Perdana, S.Kep., Ns., MS., Anggi L Wicaksono, S.Kep.,NS.MS., Ariani Putri Pertiwi, S.Kep., NS., MAN., DNP, dan Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes. 

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta terkait posbindu PTM,” katanya.

Dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan praktik pengukuran berat badan, tinggi badan, IMT, serta lingkar pinggang. Selain itu juga pengukuran tekanan darah dan pengukuran darah tepi untuk mengecek kadar gula darah, asam urat, kolesterol, serta pembekalan keterampilan komunikasi serta konseling.

Nurhadi mengatakan bahwa kesehatan mental merupakan salah satu pilar dari inisiasi Healthy Campus yang dideklarasikan FISIPOL pada tahun ini. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mewujudkan kampus sehat, termasuk upaya untuk meningkatkan kesehatan mental. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah penyediaan fasilitas konseling oleh psikolog dan konselor sebaya untuk civitas akademika FISIPOL melalui unit Career Development Center CDC.

Belum lama ini, dalam peringatan hari kesehatan mental sedunia, CDC FISIPOL menggelar serangkaian kegiatan melalui  acara bertajuk Mental Health Society: Blow Your Art Help Your Mind . Beberapa kegiatan yang diadakan adalah yoga bersama, tes kepribadian, dan konsultasi psikologi. Selain itu juga talkshow mengenai eksistensi kesehatan mental di era digital dan juga penyediaan media katarsis yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengekspresikan perasaan secara tertulis.

Koordinator CDC, Acniah Damayanti, SIP., M.Sc., mengatakan acara tersebut bertujuan untuk mengarusutamakan kesehatan mental dan meningkatkan kesadaran civitas akademika tentang pentingnya kesehatan mental. Pasalnya, persoalan mendasar terkait kesehatan mental adalah rendahnya tingkat kesadaran dan pengetahuan mengenai kesehatan mental. Selain itu masih terdapat stigma negatif yang melekat pada permasalahan kesehatan mental dan upaya mencari bantuan untuk permasalahan tersebut. (pr/kt1)

Redaktur:Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga