Jumat, 08/11/2019 05:45 WIB | Dibaca: 73 kali

PK Bapas Jogja Hadiri Seminar Nasional IPKEMINDO


PK Bapas Jogja Hadiri Seminar Nasional IPKEMINDO,(Foto:Bondan)

JAKARTA - Pengurus Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia(IPKEMINDO) pusat menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya Nasional di Jakarta pada hari kamis(7/11/2019). Bertempat di Merlyn Park Hotel, Jakarta Pusat, kegiatan ini diikuti oleh anggota IPKEMINDO dari berbagai wilayah di Indonesia.

Seminar ini diadakan dalam rangka mendukung visi Presiden Republik Indonesia tentang peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM). Seminar IPKEMINDO ini merupakan gelombang pertama dari rencana tiga gelombang yang akan diadakan.

Seminar mengusung tema"Strategi Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan dalam Mendukung Percepatan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan". Dalam hal ini, IPKEMINDO sebagai organisasi profesi yang menjadi wadah Jabatan Fungsional Penegak Hukum Pembimbing Kemasyarakatan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi MAnusia Republik Indonesia berperan besar mendorong peningkatan kinerja dalam birokrasi yang lebih ramping. Penyederhanaan eselon dan peningkatan peran pejabat fungsional memerlukan SDM yang berkualitas agar dapat berkinerja memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dan pencapaian target kinerja dapat lebih terwujud dengan efektif dan efisien.

IPKEMINDO bergerak cepat merespon visi yang diusung oleh Presiden Joko Widodo tersebut seperti dalam sambutan ketua umum IPKEMINDO sekaligus Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI,Sri Puguh Budi Utami. menyampaikan  poin-poin yang harus diterapkan dalam tugas pokok dan fungsi Pembimbing Kemasyarakatan.

"Jangan ada korupsi dalam pembuatan penelitian kemasyarakatan(Litmas), PK dituntut untuk kerja cepat, keras dan produktif, memaknai pekerjaan lebih dari rutinitas, selalu berorientasi pada hasil, Cek lapangan dan jika ada masalah segera temukan solusi, Semua harus serius dalam bekerja tau akan dicopot ditengah jalan,"Pesan nya.

Dalam seminar ini juga menghadirkan narasumber dari lintas instansi seperti Badan Narkotika NAsional, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Nasional dan Sekretaris Negara.

Kristanto setiawan, PK Pertama Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta,ditemui pagi ini jelang persiapan hari kedua, Jumat(08/11/2019) sebagai peserta Seminar menanggapi positif seminar dan lokakarya nasional ini.

"Seminar yang luar biasa, banyak wawasan yang didapat disini, tentunya akan bermanfaat bagi kami di lapangan nanti,"ucap Kristanto.

Kristanto hadir di seminar gelombang pertama dengan lima PK dari Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta, Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta antusia menyambut seminar ini dan berencana mendatangkan lebih banyak peserta pada gelombang berikutnya.(Bond)

Redaktur : Waty

Berita Terkait

 



Terpopuler


Baca Juga