Berikan Informasi Teraktual, Tim Monev Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Apresiasi Kinerja Bapas Jogja


Berikan Informasi Teraktual, Tim Monev Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Apresiasi Kinerja Bapas Jogja.Foto : Bondan

YOGYAKARTA - Kamis(28/11/2019), Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta(bapas Jogja) menerima kunjungan dari tim monitoring dan evaluasi(Monev) Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selain untuk memonitoring dan mengevaluasi tugas pokok dan fungsi, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk memastikan informasi di pusat selaras dengan apa yang ada di wilayah. Lenggono Budi, ketua tim monev sekaligus kepala sub direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, mengatakan,"Selain untuk memonitoring dan mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja sesuai dengan peraturan yang ada, kunjungan ini juga bertujuan memberikan, meng-upgrade, meng-update regulasi yang mungkin sudah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal(Ditjen) tapi teman teman di wilayah belum mengetahui. Berikutnya kami juga ingin melihat secara langsung untuk mendapatkan informasi tambahan yang bisa menjadi masukan bagi kami."tuturnya.

Bertempat di Ruang Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan(TPP) Bapas Kelas I Yogyakarta, Tim monev mengajak untuk berdiskusi tatap muka dengan Pembimbing Kemasyarakatan(PK) Bapas Kelas I Yogyakarta secara langsung. Dalam diskusi tersebut, Lenggono memberikan informasi teraktual terkait perumusan kebijakan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Bapas. Diskusi tersebut juga diisi pertanyaan-pertanyaan dari petugas Bapas Kelas I Yogyakarta terkait masalah yang sering ditemui di lapangan. Diskusi bertujuan mensinkronisasi kebijakan dari pusat dengan pelaksanaan tugas di wilayah.

Dalam wawancara dengan tim humas Bapas Jogja, Lenggono mengapresiasi kinerja pembuatan Penelitian Kemasyarakatan (litmas) dari PK Bapas Kelas I Yogyakarta. "Selama ini, dari Bapas Jogja tidak ada masalah berarti yang harus membuat polemik dan diskusi yang panjang, karena beberapa dari daerah lain, kualitas litmasnya kadang ngawur dan copy paste, dan selama ini Bapas Jogja tidak ditemui hal seperti tersebut. Semoga kedepan tetap tidak ditemui hal itu,"ungkap nya.

Dalam Kesempatan tersebut, Lenggono juga mengapresiasi kebersihan dan kenyamanan lingkungan kerja Bapas Jogja."Suasananya nyaman, relatif bersih, dengan nuansa bangunan klasik dan taman yang terawat dengan baik, secara sarana dan prasarana Bapas Jogja sangat informatif, mulai dari penggunaan Teknologi informasi , hingga petunjuk arah ruangan yang cukup jelas," kata Lenggono.

Kunjungan ini merupakan agenda wajib yang dilaksanakan untuk mengawasi pelaksanaan dan tugas di satuan kerja dibawah Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Yaitu Bapas da Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak(LPKA), rencana setelah kunjungan ini akan menuju ke Bapas Wonosari Gunung Kidul.

Ditemui di tempat terpisah, Jumat(29/11/2019) Kepala Bapas Jogja Muhammad Ali Syeh Banna mengatakan bahwa monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Kementerian Hukum dan HAM RI ini memberi motivasi tersendiri untuk kinerja para PK Bapas Jogja.

"Tugas Pokok dan Fungsi PK Bapas salah satunya adalah membuat Litmas dengan adanya monev ini PK Bapas Jogja bisa berdiskusi langsung dan mengungkapkan segala permasalahan yang ada di Bapas Jogja, sehingga ini sangat bermanfaat untuk berkinerja lebih baik lagi," tuturnya.(Bon)

Redaktur : Rara


 





Baca Juga