Peringati Hari Dharma Samudera, Danlanal Santuni Janda Pejuang Pertempuran Arafuru


Danlanal Yogyakarta memberikan Santuni Janda Pejuang Pertempuran Arafuru. Foto:ist

YOGYAKARTA - Jelang peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2020, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro didampingi Ketua Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II  Ny. Shanty Bambang Adriantoro melaksanakan anjangsana ke rumah Ny. Wagiyem, janda Serda Anumerta Saliman, pejuang pertempuran laut Arafuru, Senin (13/01/20). 

Danlanal menuturkan, almarhum Serda Anumerta Saliman sebagai ABK RI Matjan Tutul, merupakan salah satu pejuang yang gugur dalam pertempuran heroik di laut Arafuru 58 tahun lalu,

“Saat itu, almarhum bersama pasukan RI Matjan Kumbang dan RI Harimau melaksanakan misi Trikora dalam rangka pembebasan Irian Barat, bertempur untuk mempertahankan kedaulatan NKRI melawan kapal-kapal kombatan dan pesawat tempur dari kerajaan Belanda, yang menyebabkan kapal RI Matjan Tutul tenggelam di laut Arafuru pada 15 Januari 1962,” tuturnya dilansir dari keterangan resmi Penlanal Yogyakarta yang diterima redaksi.

Ny. Wagiyem saat ini berumur 86 tahun dan bertempat tinggal di RT. 10 RW. 02 Kelurahan Terbang Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Sejak menikah dengan Serda Anumerta Saliman sampai dengan sekarang belum memiliki anak, hal ini karena saat ditinggalkan Serda Anumerta Saliman bertugas masih dalam usia awal pernikahan, dan sampai dengan usia senja memilih tidak mencari pendamping hidup sebagai bukti kecintaan dan penghormatan kepada   almarhum suami.

Menurut Danlanal, Sosok janda Ny. Wagiman sebagai istri Serda Anumerta Saliman sebagai salah satu pejuang pertempuran laut Arafuru adalah salah satu bentuk keikhlasan dan pengorbanan untuk melaksanakan tugas negara,

“Patut kita suri tauladani atas kegigihan dan keberaniannya dalam mengobarkan semangat pantang menyerah menghadapi musuh negara serta real mengorbankan seluruh harta benda, keluarga mapun nyawa sekalipun,” imbuhnya.

Atas jasa-jasanya tersebut, pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia Ir. Sukarno menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Bhakti Nomor 8400/III/66 kepada Serda Anumerta Saliman NRP 8200.

Kegiatan anjangsana ini merupakan rangkaian memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2020 sekaligus dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-49 Lanal Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Danlanal dan dan Ketua Cabang 8 Korcab V DJA II menyerahkan tali asih bingkisan dan santunan kepada Ny. Saliman, dengan maksud untuk mempererat tali silaturahmi juga sebagai bentuk  penghormatan atas jasa-jasa para pejuang pendahulu TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

Beberapa pejabat TNI Angkatan Laut pernah melaksanakan anjangsana di rumah Ny. Wagiyem. Antara lain mantan Ibu Ketua Umum PP Jalasenastri Ny. Henny Bernard Kent Sondakh, Danlanal Yogyakarta serta para staf Mabes TNI/TNI AL bidang kesejahteraan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Danlanal Yogyakarta menyampaikan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ny. Wagiyem dan Serda Anumerta Saliman, seraya menyatakan harapannya kepada segenap staf Lanal Yogyakarta yang hadir. Ia berpesan sebagai generasi penerus bangsa, khususnya bagi para prajurit Lanal Yogyakarta, moment anjangsana kepada sesepuh dan pejuang TNI Angkatan Laut diharapkan mampu memperkuat semangat bersama untuk memberikan sumbangsihnya dan kontribusi positif serta karya nyata yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara melalui pengabdian di TNI Angkatan Laut, khususnya Lanal Yogyakarta,

"Semoga segala pengorbanan para pejuang dan pendahulu TNI Angkatan Laut menjadi amal kebaikan untuk para pejuang dan sebagai generasi penerus bangsa, patut kita teruskan cita-cita dan tujuan mulia untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara Indonesia," harapan Danlanal Yogyakarta.

Turut hadir sekaligus mendampingi Danlanal Yogyakarta, antara lain Pasintel Mayor Laut (T) Mufit, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Sambudi, Paspotmar Mayor Laut (P) Yuhanit, Pasprogar Mayor Laut (S/W) Soelastijahningsih, Pasminlog Mayor Laut (T) Dwi Bady JS., Ka. Akun Mayor Laut (S) Agus Herjito, S.E, Pabinhar Lettu Laut (P) Benu Purnomo, perwakilan Kowal dan PNS Lanal  Yogyakarta serta para pengurus Jalasenastri Cabang 8 Korcab V DJA II. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga