Sabtu, 01/02/2020 20:19 WIB | Dibaca: 76 kali

Kolinlamil Bersihkan Sampah di Dermaga Jict 1 Tanjung Priok


Prajurit Kolinlamil bersihkan sampah di laut, di Dermaga Jict 1 Tanjung Priok. Foto:ist

JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar aksi bersih-bersih sampah di perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (31/01/2020). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. dengan mengerahkan seluruh personel Kolinlamil usai olahraga. 

Lokasi pembersihan di dermaga Mako Kolinlamil tepatnya berada di area dermaga JICT I Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Personel yang terlibat dalam aksi ini berasal dari prajurit Kolinlamil dengan mendapat bantuan 2 unit kapal sampah beserta personel pengawak dari PT. Pelindo II Pelabuhan Tanjung Priok.

Petugas beserta prajurit Kolinlamil memungut seluruh sampah yang mengapung di laut kemudian di bawa ke darat untuk diangkut dengan truk sampah.

Menurut Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono Volume sampah akhir-akhir ini meningkat karena musim hujan dan posisi dermaga Mako Kolinlamil yang berada paling pojok sehingga sampah-sampah menumpuk.

Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab Kolinlamil yang bekerjasama dengan Pelindo II untuk bersih-bersih sampah di Tanjung Priok dilakukan dengan melibatkan banyak personel,

"Saya berharap kegiatan kebersamaan ini terus berlanjut kita lakukan demi menjaga kebersihan lingkungan laut kita sehingga terlihat indah dan bersih," ujar Heri sapaan akrab Pati berbintang dua dipundak ini, dalam pers rilis yang diterima redaksi, Sabtu (01/02/2020).

Selain dalam skala besar ini, sebenarnya di Kolinlamil setiap hari dilakukan pembersihan laut oleh tim yang telah ditunjuk. Pembersihan dilakukan setiap pagi dan sore hari.

"Prajurit Kolinlamil selalu melakukan pembersihan sampah di laut sepanjang dermaga Mako Kolinlamil setiap pagi dan sore hari secara bergantian selama dua jam terutama disekitar kolam dermaga Kolinlamil. Setiap hari bisa mengumpulkan lima sampai sepuluh karung sampah plastik," jelas Panglima. (pr/kt3)

Redaktur:Hamzah

 

Berita Terkait

 





Baca Juga