LA Stable and Resort, Wisata Edukasi dan Olahraga Ala Rosul, Berkuda Memanah dan Berenang

SLEMAN – Tempat hiburan masyarakat dengan konsep wahana edukasi dan olahraga ala Nabi Muhammad SAW (Rosul), yaitu berkuda, memanah dan berenang, kini hadir di Dusun Carikan, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wisata alternatif yang bernama LA Stable and Resort tersebut didirikan oleh seorang dokter, drg. R. Legowo Hamijaya, Sp.BM. Sebelum membuka di Kalasan, ia sebelumnya telah mendirikan wahana serupa di Lembah Durian, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Legowo menuturkan, latar belakang membuka sarana hiburan dan olahraga LA Stable di Kalasan, karena kuda-kuda yang ia miliki di Lampung semakin berkembang, sehingga tercetus gagasan untuk membuka LA Stable di lahan miliknya di Kalasan,

“Saya lihat juga animo masyarakat di sini untuk berkuda sangat bagus, sangat well come,” tuturnya saat acara soft launching LA Stable and Resort, Minggu (02/02/2020) siang.

Ia menjelaskan, untuk fasilitas yang disediakan di LA Stable and Resort selain wahana berkuda, ada juga arena panahan, dan kolam renang yang letaknya tak jauh dari La Stable. Di LA Stable sendiri disediakan dua unit home stay dan café untuk pengunjung.  Terdapat empat ekor kuda ras unggul asli Indonesia dan satu kuda impor, berikut instruktur professional,

“Ada kuda pacu, kuda untuk lessons (untuk les berkuda), kuda halang-rintang dan sebagainya. Instruktukturnya juga ada dari berbagai macam back ground. Ada pelatih pacu ada rider (penunggang) pacu dan ada yang benar-benar khusus untuk lessons,” ungkap dokter yang putra daerah Asli Yogyakarta ini.

Khusus untuk fasilitas kuda, kata dia, selain untuk hiburan dan menerima les berkuda di lokasi LA Stable, masyarakat juga bisa menyewa kuda,

“Jadi kami ini selain berkuda untuk tunggang, untuk berkuda gembira, kita juga terima untuk les, dan program lanjutannya yaitu untuk penanganan penderita autis. Kita sudah siapkan untuk programnya bekerjasama dengan pihak yang berkompeten,” imbuhnya yang juga punya skill instruktur.

Suami dari dr. Retno Ami, M.Si, Sp PK ini berharap, dengan hadirnya LA Stable di Kalasan, olahraga berkuda akan semakin berkembang di Yogyakarta. Sebagai dokter ia menilai olahraga berkuda sangat baik untuk kesehatan,

“Untuk olahraga, berkuda sangat bagus. Semua terlibat, mulai dari motorik, psikologisnya juga. Kebetulan kan saya dokter, jadi bisa merasakan sendiri manfaatnya dari berkuda,” tambah Legowo.

Meski baru soft launching dan baru akan di-launching resmi bulan depan, namun masyarakat sudah terlihat antusias untuk menikmati wahana LA Stable. Oleh karenanya, Legowo memutuskan untuk mulai menerima pengunjung umum mulai Senin (03/02/2020) besok.

Untuk menikmati semua wahana di LA Stable masyarakat bisa memilih beberapa paket yang disediakan. Dari paket termurah, yaitu kuda tuntun 3 kali putaran hanya dengan tiket seharga Rp 25 ribu, hingga paket komplit yaitu berenang, berkuda, panahan dan makan siang sebesar Rp 150 ribu.

Salah seorang pengunjung Soft Launching LA Stable, Windi Astuti, warga Seturan, Condongcatur, Depok, Sleman mengatakan LA Stable and Resort merupakan tempat wisata alternatif yang khas dan baru pertama kali ada di Sleman. Menurutnya, LA Stable sangat baik untuk berwisata keluarga, terutama untuk anak-anak,

“Tempat berwisata seperti LA Stable and Resort ini, sepertinya baru ada di Sleman. Kalau yang untuk beraga Islam, berkuda, memanah, dan berenang itu sunnah nabi. Menurut saya, ini bukan sekadar wisata, tapi ada mengandung nilai edukasinya, olahraga, dan kesehatatan, untuk terapi juga. Selain itu ada resortnya, ada cafénya. Semua ada di sini dan nyaman sekali,” ujar pegawai di UPN Yogyakarta yang datang bersama keluarga.

Acara soft launching LA Stable and Resort yang dihadiri tamu undangan yang merupakan kerabat dan kolega dekat Legowo juga diisi tausiyah oleh Ustadz Buyung Muhamad Iqbal, ST.M.Eng. Dalam tausiyahnya Buyung menyampaikan bahwa berkuda, memanah, dan berenang adalah sunnah Rosulullah, Muhammad SAW. Kuda sendiri, kata dia, adalah salah satu binatang yang dicintai rosul. Hal itu sesua hadist,

“Telah mengabarkan kepada kami [Ahmad bin Hafsh] berkata; telah menceritakan kepadaku [ayahku] berkata; telah menceritakan kepadaku [Ibrahim bin Thahman] dari [Sa’id bin Abu ‘Urwah] dari [Qatadah] dari [Anas] ia berkata, “Tidak ada sesuatu yg lebih dicintai Rasulullah setelah isteri kecuali kuda perang. [HR. Nasai No.3508].” kutip Buyung. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com