Jemput Bola, Panwascam Kalasan Buka Pendaftaran Panwasludes

SLEMAN – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kalasan membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum tingkat Desa (Panwasludes), guna mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Sleman 23 September 2020 mendatang.

Anggota Panwascam Kalasan, Lilik Sumitro mengatakan sosialisasi atau pengumuman penerimaan pendaftaran Panwasludes sudah mulai disampaikan kepada masyarakat sejak Senin (10/02/2020), yang lalu.

Menurutnya, dalam menyebarkan pengumuman pendaftaran Panwasludes, Panwascam Kalasan menggunakan berbagai media, termasuk media sosial dan bekerjasama dengan media massa online. Selain itu, Panwascam juga langsung jemput bola membagikan brosur kepada tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Kalasan,

“Panwascam Kalasan menggunakan berbagai media dan upaya untuk mensosialisasikan pengumuman pendaftaran Panwasludes dengan harapan bisa menjaring pendaftar yang banyak. Dengan banyaknya pendaftar, maka akan semakin banyak pilihan, sehingga diharapkan yang terpilih nantinya benar-benar berkualitas, memiliki kapabilitas, kapasitas dan integritas untuk menjadi pengawas,” katanya kepada wartawan di Kantor Panwascam Kalasan, Kamis (13/02/2020).

Lilik menjelaskan, sesuai Jadwal Pembentukan Panwasludes, sosialisasi penerimaan sejak tanggal 10 hingga 16 Februari. Untuk pendaftaran sangat mudah dan tidak dipungut biaya. Untuk syarat pendaftaran antara lain, WNI domisili Kecamatan Kalasan, usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA/Sederajat dan bukan anggota atau pengurus  Partai Politik,

“Keterangan lebih lanjut bisa hubungi kami atau kunjungi pengumuman di media sosial kami atau website resmi Bawaslu Sleman. Lamaran dikirim langsung ke Kantor Sekretarian Panwascam di Kompleks Kantor Kecamatan Kalasan,” ujar Lilik yang juga Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.

Pihaknya juga mempermudah calon pendaftar untuk mengakses formulir pendaftaran yang bisa diambil di Kantor Sekretariat Panwascan Kalasan atau diunduh pada link http://bit.ly/rekrutmenkalasan atau https://www.dropbox.com/s/wezbns3o48ki8sn/rekruitment_panwasludes.pdf?dl=0 atau dengan scan barcode pada pengumuman yang dipasang di kantor-kantor instansi pemerintahan maupun di papan pengumuman ruang publik di wilayah Kecamatan Kalasan,

“Untuk persyaratan membuat keterangan sehat di Puskesmas, juga tidak dipungut biaya alias gratis dengan menyebutkan untuk pendaftaran PPL mulai 10 Februari hingga 22 Februari 2020 nanti,” imbuhnya.

Sementara anggota Panwascam Kalasan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Fadhly Kharisma Rahman, SH menambahkan, untuk pendaftaran dan penerimaan berkas, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi, sekaligus  tes wawancara mulai 16 Februari hingga 22 Februari 2020. Jika sampai batas waktu tersebut belum memenuhi kuota atau belum mendapatkan pendaftar yang sesuai kriteria, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran mulai 27 Februari hingga 4 Maret 2020,

“Pengumuman hasil seleksi perpanjangan pendaftaran pada 4 dan 5 maret 2020. Kami juga membuka masukan dari masyarakat terkait calon Panwasludes melalui google form: https://forms.gle/Q4sbRsv8eQMq4myk9. Masukan dan klarifikasi masyarakat akan kami umumkan pada 12 Maret 2020, sedangkan pelantikan Panwasludes nantinya diljadwalkan pada 13 sampai 20 Maret 2020,” jelas Fadhly.

“Kami berharap warga Kalasan mendaftar dan turut berpartisipasi dalam mengawasi Pilkada Sleman 2020 mendatang dengan menjadi Panwasdes,” ajaknya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com