Selasa, 03/03/2020 21:37 WIB | Dibaca: 246 kali

Asah Kemampuan Menulis, Lapmi Pekalongan Gelar Bastra Jurnalistik


LAPMI HMI Cabang Pekalongan menggelar Basic Training Jurnalistik selama dua hari, Sabtu (29/02/2020) dan Minggu (01/03/2020) di Gedung Pemuda Kajen Kabupaten Pekalongan. Foto:Ist

PEKALONGAN – Guna mengasah kemampuan dalam menulis, Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Pekalongan menggelar kegiatan Bastra (Basic Training) Jurnalistik selama dua hari, Sabtu (29/02/2020) dan Minggu (01/03/2020) di Gedung Pemuda Kajen Kabupaten Pekalongan.

Ketua panitia Kegiatan M. Nafis mengatakan, kegiatan yang mengangkat tema Membentuk Insan Pers Berkualitas dan berintegritas yang Benafaskan Islam untuk Kemajuan Bangsa dan Negara. Kegiatan diikuti sekira 30 peserta yang berasal dari dalam maupun luar Pekalongan.

“Kegitan Bastra ini pesertanya diikuti oleh mahasiswa, pelajar dan perwakilan dari organisasi yang ada di Pekalongan sendiri juga dari luar seperti Pemalang, Semarang, Purwakarta dan Salatiga,” katanya dalam pers rilis yang diterima redaksi, Selasa (03/03/2020).

Menurut Nafis dalam kegitan bastra ini para peserta diberikan materi kejurnalistikan dan juga terdapat simulasi mecari berita,

“Para peserta bastra diberikan materi-materi seperti dasar-dasar dan kode etik jurnalistik, teknik wawancara dan menulis berita, fotografi jurnalistik, jurnalistik online, ke-LAPMI-an dan beberapa materi lainya. Selain itu para peserta juga kita bagi beberapa kelomok untuk melakukan simulasi pencarian berita di acara car free day alun-alun kajen,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Lapmi HMI Cabang Pekalongan, Ahmad Osan Farkhani, mengatakan, kegitan bastra ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh Lapmi HMI Cabang Pekalongan,

“Kagiatan Bastra merupakan komiten dari pengurus lapmi terutama Bidang Pendidikan dan Pelatihan untuk memberikan bekal kepada kader-kader HMI agar memiliki skill jurnalistik,” ujarnya.

Direktur yang juga merupakan mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pekalongan menyebut, pemahaman akan literasi media dirasa penting di era seperti sekarang ini dimana hoax dan ujaran kebencian banyak bermunculan,

“Dengan kemampuan dan skill jurnalistik yang dimiliki, maka harapannya di era digitalisasi informasi seperti sekarang ini, kita mampu berperan aktif dalam menciptakan konten-konten positif dan juga mampu menganalisis serta kritis terhadap berbagai informasi yang ada, sehingga dapat melawan konten-konten negatif dan juga hoax,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah mengikuti kegitaan bastra Lapmi HMI Cabang Pekalongan ini nantinya mereka dapat mengaplikasika ilmu diperoleh dan mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang media pada hari ini dan mampu menjadi seorang jurnalis yang berkualitas dan berintegritas.

Salah seorang Pemateri, Afif Zakiyudin menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, utamanya untuk membekali skill dasar jurnalistik bagi para mahasiswa, dengan tema yang diusung ia berharap kelak mahasiswa bisa menjadi insan pers yang berintegritas membawakan berita secara kritiis dan obyektif. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga