Dampak Ekonomi dan Sosial Covid 19, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Banyurejo Bagikan Paket Sembako


Babinsa dan Bhabinkamtibmas Banyurejo SERTU Widodo dan AIPTU Kamta saat membagikan paket sembako untuk warga. Foto: Faisal

SLEMAN –Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Desa Banyurejo, Kecamatan Tempel, Sleman, membagikan paket sembako untuk warga, Rabu (23/04/2020) siang.

Kedua aparat TNI dan Polri ujung tombak penjaga keamanan dan ketertiban di pedesaan tersebut, membagikan paket sembako dengan menggunakan sepeda motor dengan Kerombong langsung ke rumah-rumah warga.

Kedua petugas tersebut adalah SERTU Widodo, Babinsa anggota Koramil Tempel dan AIPTU Kamta Bhabinkamtibmas Polsek Tempel.

Menurut Widodo, Paket sembako ini sumbangan dari tokoh masyarakat yang peduli terhadap masyarakat khususnya para janda dan warga yang berada dibawah garis kemiskinan sebagai dampak ekonomi dan sosial Covid-19 (Corona).

Ia menjelaskan, sesuai instruksi pimpinan dan pemerintah, ia dan Kamta bersama jajaran pemerintah Desa Banyurejo mengimbau agar masyarakat tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran Corona. Sejak merebaknya Corona, masyarakat desa yang kebanyakan petani dan pekerja informal tidak mendapat penghasilan, sehingga menjadi rentan dalam kebutuhan pokoknya.

“Oleh karenanya kami selaku Babinsa dan Bhabinkamtibmas, tergerak hatinya untuk mengajak tokoh masyarakat dan warga mampu untuk bisa berbagi dengan saudara-saudaranya yang kurang mampu dan saat ini tinggal di rumah. Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan donasi paket sembako ini dan kami bagikan langsung ke masyarakat,” ujarnya.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dan rasa solidaritas para dermawan, mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban hidup warga Banyurejo yang tidak mempunyai penghasilan tetap dan harus tetap tinggal di rumah, sampai pemerintah menyatakan aman. Semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur dengan pahala yg belimpah,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kamta. Berdasarkan informasi dari pemerintah desa, Desa Banyurejo masih tergolong aman, belum ada warga yang positif terinveksi Covid-19. Namun demikian ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan prosedur atau peraturan pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19,

“Sambil membagi sembako, Kami juga mengimbau agar masyarakat Banyurejo tetap mengikuti peraturan untuk pencegahan penyebaran Covid, yaitu tetap tinggal di rumah, hindari kerumunan, jaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker jika bepergian, rajin mencuci tangan, konsumsi makanan sehat, istirahat cukup dan olahraga sambil berjemur,” imbaunya.

Sementara itu salah seorang warga penerima bantuan, Wahyu Sri Hartuti (26) warga Dukuh Gondangrejo mengatakan ia sangat berterimakasih atas bantuan para dermawan melalui Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Banyurejo. Menurutnya bantuan tersebut sangat berarti,

"Saya bekerja sendiri dan hidup serumah dengan ibu yang sakit stroke. Bantuan ini sangat berarti disaat kami tetap dirumah mengikuti imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid" ungkapnya.

Tokoh masyarakat Banyurejo sekaligus Kepala Dukuh Gondang Banyurejo, Widarto mengatakan sejauh ini warga di padukuhannya belum ada yang positif terinveksi Corona. Ia selaku satgas Covid 19 bersama Babinsa dan Babinkamtibmas selalu mengimbau warga agar tetap di rumah sesuai anjuran pemerintah,

"Langkah antisipasi juga kami lakukan misalnya untuk warga pendatang dari luar kota yang masuk zona merah, agar dikarantina selama 14 hari. Selama karantina kami juga melakukan pantauan secara intensif, berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas selaku bagian dari satgas Covid 19 Banyurejo," pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga