Dukung Kedaulatan Pangan Kampung Sapen, Fokki Salurkan 200 Batang Bibit Pohon Ketela


Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP (Bermasker Merah) memberikan bantuan bibit pohon Ketela untuk Warga sebagai bentuk dukungan ketahanan pangan. Foto:ist

YOGYAKARTA - Di masa pandemi covid19, selain persoalan kesehatan dan ekonomi ada problem ketahanan pangan yang mengancam kehidupan masyarakat.

Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP memberikan bantuan sekitar 500 bibit batang pohon Ketela kepada Kelompok Tani Berdikari unit kegiatan dari Pokmas Kampung Inggris Sapen untuk dapat ditanam di seluruh rumah yang ada di wilayah Kampung Sapen.

Fokki yang juga Ketua Kampung Sapen mengungkapkan, bantuan bibit pohon ketela tersebut dengan difasilitasi oleh Kevikepan DIY.  Menurutnya, problem kampung di wilayah perkotaan terkendala lahan yang sempit untuk membuat gerakan menanam untuk ketahanan pangan. Untuk mensiasati hal itu maka gerakan menanam pohon ketela diarahkan ke masing masing rumah yaitu 1-5 batang ketela yang ditanam,

“Harapannya adalah ketahanan pangan di wilayah Kampung Sapen yang ada di perkotaan bisa terjaga dari rumah masing masing warganya sendiri,” harap Fokki, dalam keterangan pers kepada wartawan, Selasa (12/05/2020).

Selain bibit pohon ketela, Fokki juga sedang akan mengusahakan bibit terong yang nantinya diharapkan juga bisa ditanam di masing masing rumah yang ada di wilayah kampung sapen.

“Hikmah dari adanya pandemi covid19 di kampung sapen adalah kampung menjadi hijau dan tumbuh kesadaran di masyarakat untuk menanam dalam konteks menjaga ketahanan pangan,” ujarnya Anggota Dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Menurutnya, gerakan menanam di masyarakat Kampung Sapen juga didukung oleh Polsek Gondokusuman dimana beberapa hari yang lalu Polsek juga memberikan bantuan bibit pohon buah buahan ke kelompok tani berdikari sapen. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga