Hadapi Resiko New Normal, Buddies KUI UP45 Webinar Bersama HIMPAUDI Ngaglik


Gedung UP45 Yogyakarta. Sumber Foto: up45.ac.id

SLEMAN - Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta telah menggelar Webinar (Seminar online) bertema Strategi Menghadapi New Normal dari Sisi Psikologis dan Ekonomi.

Kepada jogjakartanews.com, Selasa (23/06/2020), Ketua Panitia, Bunda Putri Ana Nurani mengungkapkan, Webinar dilaksanakan pada Sabtu (13/06/2020) lalu bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Psikologi (FPsi) UP45, HIMPAUDI Cabang Kecamatan Ngaglik, dan UPT Pelayanan pendidikan Kecamatan Ngaglik.

Webinar menghadirkan narasumber Dra.Eny Sulistyowati,MM (Dekan sekaligus Dosen FE UP45) dan Bunda Dewi Handayani,SPsi,MPsi (Psikolog, Dosen, sekaligus Wakil Rektor Bidang II UP45),

“Dengan adanya kebijakan New Normal, artinya kita akan kembali beraktivitas di luar rumah. Berbagai risiko terpapar baik langsung maupun tidak langsung akan kita hadapi. Oleh karenanya kami merasa perlu untuk menyelenggarakan webinar ini,” tutur Putri.

Putri menjelaskan, saat ini kita memasuki babak baru dalam episode menghadapi pandemik Covid-19. Hal ini dimulai dengan adanya kebijakan terkait relaksasi yang dimulai dari sektor transportasi hingga pada sektor strategis. Bukan itu saja, beberapa pelonggaran PSBB dilakukan beberapa wilayah.

Namun di sisi lain tren jumlah penderita Covid-19 masih bertambah baik di Indonesia maupun di dunia. Obat dan vaksinpun masih dalam tahap formulasi dan pengujian. Selain itu, daya tampung fasilitas medis yang dapat menangani pandemik ini masih terbatas.

Menurut Putri, Pandemic Covid-19 telah mengubah mindset (cara pandang), cara hidup, dan perilaku masyarakat. Hal itu menjadi titik balik bagi masyarakat, termasuk dalam tatanan sistem yang berlaku,

“Setelah beberapa bulan yang lalu pemerintah mengumumkan kasus pertama di negeri ini, kita telah melewati fase ketakutan, kemudian berusaha untuk belajar dan beradaptasi menghadapi perubahan. Proses ini memunculkan adanya cara pandang atau kebiasaan yang baru,” imbuhnya.

Untuk menghadapi resiko dan kondisi 'the New Normal' perlu adanya tindakan mitigasi resiko. Oleh karenanya, Kata Putri, melalui kegiatan ini diharapkan peserta siap menghadapi masa the New Normal dari sisi psikologis dan ekonomi,

“Tidak hanya niat, pikiran yang positif dan kreatif, manajemen risiko perlu diterapkan. Karena Pandemik ini memberikan kita kesempatan untuk lebih peka agar peduli dan membantu sesama manusia,

Melalui kegiatan ini wujud kontribusi untuk kita saling bergandengan meringankan beban, dan bersyukur serta melakukan ikhitar terbaik dalam menangani pandemik ini,” ungkapnya.

Rektor Universitas Proklamasi 45, Ir. Bambang Irjanto MBA menuturkan, saat ini Covid-19 (Corona) dihadapi dengan cara New Normal, artinya harus menerima Corona sebagai bagian dari kehidupan kita,

“Oleh karenanya, kita harus perlu melatih diri kita, keluarga kita, anak didik kita untuk bertetangga dengan Corona Virus,” tuturnya.

Menurutnya, topik webinar sangat penting. Ia mengucapkan apresiasi kepada panitia, FE dan FPsi UP45 yang telah menyelenggarakan webinar. Menurutnya kegiatan yang telah dilaksanakan adalah bentuk kongkrit melaksanakan tri dharma perguruan tinggi di masa belajar dan bekerja dari rumah dengan sharing pengetahuan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi.

Acara menjadi sangat menarik karena melibatkan HIMPAUDI yang merupakan pendidik dan pengasuh anak usia dini sebagai calon-calon pemimpin masa depan.

“Saya berikan apresiasi luar biasa,” ungkapnya.

Ia menegaskan, dalam setiap kegiatannya UP45 senantiasa memberikan kampanye 5S Self Immune, Sport Happiness, Soap Always, Social And Physical Distancing, Solidarity or Support Through Each Other.  

Sementara itu, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Ngaglik Bunda Rohani, SPd.I berharap ilmu yang disampaikan oleh para pemateri dapat dilaksanakan oleh peserta, terutama anggota HIMPAUDI yang memberikan layanan PAUD Non Formal,

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara dan semua pihak yang mendukung acara ini. Kami berharap dengan kegiatan ini peserta lebih siap dalam memasuki era New Normal,” harapnya.

Hal senada dikatakan Kepala UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Ngaglik Wahyu Iken Estri,SE. Dalam kondisi pandemic Covid-19, pihaknya selaku pelayanan pendidikan tetap memberikan dan tetap semangat optimis untuk melakukan pendampingan bagi anak bangsa dengan tetap menjaga protokoler kesehatan.

“Harapannya, Pendidik bisa selalu optimis dalam menghadapi kondisi saat ini saat pandemic Covid-19, sehingga dapat menghadapi baik dari sisi psikologis dan dampak ekonomi, semoga dapat mengikuti, dan bermanfaat bagi pendidik, peserta didik, atau peserta lainnya,” harapnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga