Lanal Yogyakarta Gelar Baksos Kesehatan TNI AL Peduli Covid-19

YOGYAKARTA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V Koarmada II secara serentak melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan TNI AL untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19, selama dua hari pada Senin dan Selasa (28-29/07/20).

Baksos dilaksanakan serentak di Posal Sadeng Kabupaten Gunungkidul, Posal Samas Kabupaten Bantul, Posal Karangwuni Kabupaten Kulonprogo dan Rumdis Donotirto Bangunjiwo Bantul.

Pembukaan baksos kesehatan TNI AL oleh Lanal Yogyakarta secara terpusat di Posal Samas Jl. Pantai Samas, Desa Srigading, Sanden, Bantul.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro menuturkan, Baksos yang dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI AL saat pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Menurutnya, tujuan Baksos adalah untuk meringankan beban warga pesisir pantai dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di sepanjang kawasan pesisir pantai DIY,

“Kegiatan baksos ini diselenggarakan oleh Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Yogyakarta sebagai rantai komando atas dari Spotmar Mabes TNI AL karena melihat bencana non alam berupa Covid-19 ini masih terus berlangsung hingga saat ini, kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Pangkalan TNI AL berupa pembinaan dan pemberdayaan masyarakat wilayah pesisir,” tuturnya dikutip dari Keterangan Pers Resmi Penlanal Yogyakarta.

Dan lanal menjelaskan, kondisi wilayah pesisir pantai di DIY memiliki panjang garis pantai sekitar 113 KM dengan meliputi tiga kabupaten pesisir yakni, Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo.

Kegiatan baksos diselenggarakan selama 2 hari dan dilakukan secara serentak di 4 lokasi berbeda, yakni Posal Sadeng Kabupaten Gunungkidul, Posal Karangwuni Kabupaten Kulon Progo, lingkungan rumah dinas (Rumdis) TNI AL Donotirto Bangunjiwo Bantul, dan pusatnya di Posal Samas Kabupaten Bantul.

“Kami tidak hanya melaksanakan kegiatan baksos saja, tetapi juga penyuluhan kepada masyarakat terkait dengan adaptasi kebiasaan baru New Normal oleh jajaran staf Balai Kesehatan (BK) Lanal  Yogyakarta agar penyebaran Covid-19 tidak kembali meningkat,” katanya.

Dalam Baksos, masyarakat diberikan bantuan berupa alat dan sarana kesehatan pencegahan Covid-19, mulai dari alat dan tandon cuci tangan sebanyak 17 unit, alat semprot atau sprayer disinfektan manual sebanyak 20 unit, alat semprot disinfektan mesin sebanyak 30 unit, jeriken berisi cairan disinfektan berukuran 5 liter sebanyak 200 buah, dan bantuan sembako sebanyak 1.500 paket berisi beras, gula, dan lainnya serta tambahan alat kesehatan pencegahan Covid-19 masker, handsanitizer, dan sabun kesehatan.

“Semoga dengan kegiatan baksos kesehatan ini bisa membantu warga masyarakat pesisir DIY dan menekan peningkatan jumlah penambahan kasus Covid-19,” ungkap Danlanal Yogyakarta.

Dalam pelaksanaan baksos secara serentak tersebut dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, baik saat kegiatan pembukaan maupun pelaksanan penyuluhan dan pemberian bantuan. Adapun selaku ketua panitia baksos oleh Pjs. Palaksa Mayor Laut (PM) Sambudi, selaku Ketua Pelaksana baksos Paspotmar Mayor Laut (P) Yuhanit serta ditunjuk 4 perwira selaku koordinator tugas wilayah Posal Sadeng oleh Paurminpers Kapten Laut (KH) Agus Mulyanto, Posal Samas oleh Ka. Akun Mayor Laut (S) Agus Herjito, Posal Karangwuni oleh Pasminlog Mayor Laut (T) Dwi Badi JS. dan Rumdis Donotirto oleh Kasatfaslan Kapten Laut (T) Didik Gunawan didukung kepanitiaan 120 prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dengan melibatkan pengamanan unsur Staf Intel (Sintel) dipimpin Pasintel Mayor Laut (T) Mufit dan personel Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dipimpin Kaurlidkrim Denpomal Lanal Yogyakarta Kapten Laut (PM) Rudi Satriya Graha, S.H., jajaran Danposal Sadeng Peltu Sba Haji Teguh, Danposal Samas Peltu Bek Usmanudin, Danposal Karangwuni Peltu Mar Agus Sumaryanto serta didukung pengamanan Koramil dan Polsek setempat.

Acara pembukaan dihadiri pejabat unsur Muspimda Kabupaten Bantul dan Muspika Kecamatan Sanden. Pejabat yang hadir antara lain Kepala BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si, Wakapolres Bantul Kompol Nur Alam, S.I.K, Kadisperpautkan Kabupaten Bantul Ir. Suryono, Danramil Sanden Kapten Inf Surono, Kapolsek Sanden AKP Tukirin, Polairud Polres Bantul Aiptu Karidin, Camat Sanden Drs. Bangun Rahima, Kepala Puskesmas Sanden drg. Suyatmi serta masyarakat pesisir diantaranya Kelompok Nelayan (Pokyan) Mino Samudra, Pokyan Mina Raharja, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai Goa Cemara, Pramuka Saka Bahari Bantul, siswa SMK Kelautan dan Perikanan Bantul serta Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) desa pesisir wilayah Kabupaten Bantul. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com