Peringati HUT Ke-75 Tni AL, Lanal Yogyakarta Ziarah ke Makam Pahlawan dan Gelar Baksos


Peringati HUT TNI AL, Jajaran LANAL Yogyakarta ziarah ke taman makam pahlawan Kusumanegara, Semaki Yogyakarta. Foto:ist

YOGYAKARTA - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 TNI Angkatan Laut (AL) Tahun 2020, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II, melaksanakan ziarah ke makam pahlawan dan gelar bakti sosial (Baksos), Rabu (09/09/2020).

Rombongan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Semaki Yogyakarta dipimpin Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahyu Hidayanto mewakili Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, S.E., D.S.D.S., M.A.S.S., yang sedang melaksanakan dinas belajar. Kegiatan diikuti para perwira staf, prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta.

Mayor Laut (P) Wahyu Hidayanto mengungkapkan, peringatan HUT TNI AL yang jatuh pada setiap 10 September, untuk tahun ini bertemakan “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut Yang Profesional, Modern dan Tangguh Guna Mendukung Indonesia Maju”.

“Dengan tema tersebut, mengingat ditengah kondisi masih pandemi Covid 19, Pimpinan TNI AL memberi instruksi untuk melaksanakan beberapa kegiatan sebagai wujud penghargaan kepada para pejuang dan  sinergitas TNI-TNI AL dengan masyarakat,” tuturnya dikutip dari keterangan pers Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Kamis (10/09/2020).

Usai kegiatan ziarah rombongan, kegiatan dilanjutkan bakti sosial kepada keluarga Warakawuri Ny. Wagiyem, janda Serda Anumerta Saliman salah satu ABK KRI Matjan Tutul yang gugur dalam pertempuran laut Arafuru.

Dalam kesempatan bakti sosial tersebut diserahkan tali asih kepada Ny. Wagiyem yang saat ini berusia 86 tahun. Seraya menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dari Lanal Yogyakarta, Ny. Wagiyem berpesan bahwa prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta sebagai generasi penerus bangsa harus senantiasa memiliki rasa kebanggaan dalam melaksanakan tugas dan kedinasan sebagai prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta,

“Juga dapat senantiasa menghargai jasa para pahlawan bangsa yang telah rela dan iklas berjuang dengan segala pengorbanan untuk kepentingan bangsa dan negara,” pesannya.

Kegiatan untuk mewujudkan sinergitas TNI-TNI AL dengan masyarakat dengan menggelar bakti sosial kesehatan donor darah bertempat di kantor PMI Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Seluruh rangkaian jelang peringatan HUT Ke-75 TNI AL Tahun 2020 oleh prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dilaksanakan dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Adapun pada hari pelaksanaan peringatan HUT TNI AL, 10 September 2020, bertempat di aula Mako Lanal Yogyakarta. Sementara di Jl. Wiyoro Baturetno Banguntapan Bantul, kegiatan akan dilaksanakan antara lain menyaksikan secara virtual puncak acara peringatan HUT TNI AL yang akan dipimpin Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Usai menyaksikan upacara secara virtual dilanjutkan syukuran tumpengan bersama sebagai wujud rasa syukur dan penghargaan kepada para pahlawan bangsa.

Dalam kesempatan memberikan arahannya, Danlanal Yogyakarta menyampaikan beberapa hal diantaranya agar segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dapat mengikuti dan melaksanakan rangkaian-rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-75 TNI AL dengan sebaik-baiknya dengan harapan bahwa kegiatan peringatan tidak hanya bersifat seremonial semata,

“Namun lebih dari itu agar prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dapat mengambil hikmah sesuai tema peringatan, sebagai upaya bersama dalam meningkatkan motivasi dan semangat pengabdian, ikhlas dalam bekerja dan dapat semakin menghargai jasa para pahlawan bangsa,” tegas Danlanal Yogyakarta. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga