Peduli Bencana Alam di Kalsel dan Sulbar, Keluarga Mahasiswa UP 45 Aksi Galang Dana Kemanusiaan


Keluarga Mahasiswa UP 45 saat aksi galang dana kemanusiaan untuk korban bencana alam Kalsel dan Sulbar di kawasan fly over Janti. Foto: ist

YOGYAKARTA-Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa UP 45 melakukan aksi kemanusiaan penggalangan dana untuk korban bencana alam banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Koordinator lapangan aksi penggalangan dana, Bambang Sujiono mengungkapkan, aksi kemanusiaan ini dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama, dimulai pada Minggu (24/01/ 2021), kemudian Rabu (27/01/2021) dan yang terakhir pada Sabtu (03/01/2021). Penggalangan dana ini dilakukan di lampu merah pertigaan Janti dan perempatan ringroad UPN.

"Total donasi yang didapatkan dari pengalangan dana berikut adalah sebesar Rp 7.050.500 (tujuh juta lima puluh ribu lima ratus rupiah) disalurkan seluruhnya untuk korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Donasi tersebut diharapkan dapat membantu korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat," ungkapnya, Jumat (05/02/2021).

Juru bicara Keluarga Mahasiswa UP 45, Karhomah Atika Sendy menambahkan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa UP 45 terhadap sesama bangsa Indonesia,

"Semangat kolektif antar masyarakat atau gotong royong memang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Saling bahu membahu untuk tolong menolong menggambarkan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia yang sesungguhnya,"

Di tempat yang berbeda, Koordinator Staf Wakil Rektor I Bidang Kemawa Simeon Egi Perdana,SH,MM mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Keluarga Mahasiswa UP 45. Ia mengucapkan terimakasih serta memberikan penghargaan kepada keluarga Mahasiswa UP 45 atas kepeduliannya meringankan beban korban bencana alam,

"Terimakasih kepada Keluarga Mahasiswa UP 45 yang telah bersemangat, bersama-sama, dengan jiwa kemanusiaan, rela berkorban tanpa pamrih untuk melakukan penggalangan dana bagi korban bencana alam, baik dengan cara turun kejalan bersama-sama ataupun dengan cara menyisihkan dari kegiatan entrepreneur (berwirausaha) yang mahasiswa jalani saat ini," tuturnya.

Egi berharap kegiatan tersebut untuk bisa berkelanjutan dan terus membantu bagi yang membutuhkan.

Terkait kegiatan tersebut, Sekretaris Universitas UP 45 Rr Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan, mahasiswa sebagai insan Indonesia cerdas sekaligus generasi yang akan memegang tongkat estafet bangsa ini. Menurutnya, mahasiswa juga dituntut tidak hanya menjadi insan yang cerdas semata, tetapi komprehensif, memiliki multiple intelligent yaitu cerdas secara spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis,

"Melalui berbagai kegiatan dan pembinaan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar kampus Universitas Proklamasi 45 dimana di ikuti oleh mahasiswa secara sungguh-sungguh dan aktif maka tentunya akan semakin mempercepat terwujudnya visi pendidikan nasional yaitu menjadikan mahasiswa atau generasi mendatang insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif (insan kamil atau insan paripurna)," pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga