Senin, 08/02/2021 15:25 WIB | Dibaca: 186 kali

Optimalisasi Layanan Publik dan Inovasi Menuju WBK Tahun 2021


Optimalisasi Layanan Publik dan Inovasi Menuju WBK Tahun 2021

Yogyakarta - Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja Pembangunan Zona Integritas(ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi(WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani(WBBM) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM masih berlanjut dari Kementerian pusat sampai di level Unit Pelaksana Teknis(UPT). Balai Pemasyarakatan(BAPAS) Kelas I Yogyakarta, bersama Lembaga Pemasyarakatan(LAPAS) Kelas IIA Yogyakarta, Rumah Tahanan Negara(RUTAN) Kelas IIB Yogyakarta, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara(RUPBASAN) Kelas I Yogyakarta, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan(LPP) Kelas IIB Yogyakarta mendeklarasikan Janji Kinerja Tahun 2021 dan Penandatanganam Pakta Integritas dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM) di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta, Senin (08/02/2021).

Dalam sambutannya Kepala Ombudsman Perwakilan DIY, Septi Andita mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menujukan komitmen untuk peningkatan pelayanan publik dan pencegahan korupsi, Ombudsman selalu mengingatkan bahwa penegakan tindak korupsi perlu di lakukan khususnya di garda pelayanan terdepan, komitmen perlu ditingkatkan mulai dari diri sendiri bagi personil penyedia pelayanan publik, Kanwil Kemenkumham DIY menurut survey Ombudsman ada di predikat warna hijau, jadi pertahankan itu, harapannya tetap tingkatkan pelayanan dan tingkatkan inovasi” tuturnya.

Hal yang samapun disampaikan oleh wakil dari Walikota Yogyakarta yang diwakilkan oleh Asisten Kesejahteraan Masyarakat, Sisruwadi, ia mengingatkan dan berpesan bahwa komitmen yang telah di serukan harus benar-benar dilaksanakan.

“Wujudkan pelayanan yang terbaik, tunjukkan prestasi, menjaga bersama-sama pelayanan Yogyakarta khususnya Kota Yogyakarta menjadi contoh wilayah lain,” pesannya.

Kegiatan deklarasi janji kinerja pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM hari ini, dilanjutkan dengan pengukuhan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (SATOPATNAL PAS) Tahun 2021 di lingkungan pemasyarakatan, serta penandatanganan kerjasama antara RUPBASAN Kelas I Yogyakarta dengan Kejaksaan Negeri Yogyakarta dan Sleman, tentang penyimpanan pengelolaan dan pengamanan benda sitaan dan barang rampasan negara. Dan perjanian Kerjasama antara Lapas Kelas II A Yogyakarta dengan Margaria Group tentang pelatihan dan sub produksi pembuatan box kado dan tas kemasan kado.

Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna menuturkan bahwa kegiatan ini menjadi titik awal dalam pelaksanaan pelayanan publik.

“Seperti dikatakan oleh Bapak Kakanwil Kemenkumham DIY, Bapak Budi Sarwono pada sambutannya beliau sangat mengapresiasi kepada seluruh satuan kerja yang telah berupaya memperbaiki dan mewujudkan layanan publik, masih banyak PR yang harus kita hadapi Bersama apalagi di masa pandemi Covid-19, janji kinerja merupakan bagian pondasi untuk kerja PASTI - Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparansi, dan Inovatif. Janji kinerja bahwa kita harus membuat target kinerja secara tepat waktu dan tepat sasaran,” tuturnya.

“Harapan terbesar Bapas Kelas I Yogyakarta adalah tahun ini mendapatkan predikat WBK sebagai wujud pelayanan publik, Bapas Kelas I Yogyakarta akan tetap semangat dan mengoptimalkan kinerja serta inovasi untuk pelayanan kepada masyarakat, InsyaAllah tahun ini terwujud, Aamiin,” pungkas Ali Syeh.(Agu)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga