Berinovasi dalam Keterbatasan, SPS Kasih Ibu Carikan Raih Juara III Lomba PAUD Desa Unggulan Se-Sleman


Kepala Lembaga SPS Kasih Ibu, Jumirah S.Pd dengan pengharagaan dan tropi Juara III Lomba PAUD Desa Unggulan. Foto: Ist

SLEMAN – Satuan PAUD Sejenis (SPS) Kasih Ibu, Dusun Carikan, Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan berhasil meraih Juara 3 dalam Lomba PAUD Desa Unggulan tingkat Kabupaten Sleman tahun 2021. Lomba yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman tersebut diikuti lembaga PAUD sejenis perwakilan dari 17 Kapanewon se Kabupaten Sleman. 

Salah satu Pengelola SPS Kasih Ibu, Imas Maswariah, S.Pd.I menuturkan, meski dalam keterbatasan sarana dan prasarana serta pendidik, namun SPS Kasih Ibu  memiliki keunggulan inovasi pembelajaran partisipatif dalam mendidik anak-anak usia dini.

Imas menjelaskan, pada masa Pandemi Covid-19 ini SPS Kasih Ibu sudah siap dengan menyelenggarakan Belajar Dari Rumah(BDR) dengan metode daring, karena selama ini walimurid sudah terbiasa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran putra-putrinya. Dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat Dusun Carikan dan sekitarnya, kata dia, SPS Kasih ibu berhasil memberdayakan masyarakat sekaligus memajukan lembaganya.

Menurut Imas prestasi yang diraih SPS Kasih Ibu adalah prestasi bersama masyarakat khususnya Dusun Carikan, Desa Tamanmartani dan Kapanewon Kalasan,

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang kami dapatkan, meski dengan persiapan seadanya. Dengan segala keterbatasan kami bisa mengungguli lembaga-lembaga PAUD sejenis di Sleman yang mengikuti perhelatan di ajang lomba di tingkat Kabupaten Sleman ini,” tutur Imas, Selasa (02/03/2021).

Imas berharap, dengan menjadi juara dalam lomba tingkat Kabupaten, SPS Kasih Ibu semakin bisa meyakinkan kepada masyarakat, bahwa keterbatasan tidak menjadi alasan untuk tidak berinovasi dan berprestasi memajukan PAUD sejenis.

Menurutnya, pendidik di SPS Kasih Ibu adalah pendidik yang berkualitas karena memiliki komitmen untuk mencetak generasi emas untuk masa depan bangsa dan negara. Komitmen tersebut, kata dia, didukung kesadaran masyarakat di Dusun Carikan untuk turut serta membantu dan memfasilitasi SPS Kasih Ibu,

“Karena pada awalnya untuk membangun SPS Kasih Ibu ini adalah bagaimana memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat yang murah dan terjangkau. Masyarakat yang dalam keterbatasan juga bisa mengakses dan bisa mengetahui kurikulum yang ada di SPS Kasih Ibu. Kita berangkat dari komitmen membangun generasi yang mandiri untuk mempersiapkan anak didik masuk jenjang pendidikan di atasnya. Harapannya dengan prestasi ini, SPS Kasih Ibu semakin maju dan selalu ada di hati masyarakat,” harap Imas yang juga menjabat Sekretaris Forum PAUD Kalasan.

Hal senada diungkapkan Ketua Pengelola SPS Kasih Ibu, Hartini S.Pd.SD, menjadi Juara 3 dengan  peserta dari 17 Kapanewon menjadi kebanggaan bagi SPS Kasih Ibu. Menurutnya prestasi yang diraih juga berkat usaha pendidik yang dengan  sungguh-sungguh mempersiapkan lomba meski dengan sarana dan prasarana seadanya. Pendidik SPS Kasih Ibu yang berdedikasi tersebut adalah Rumiyatun dan Tri Setiyawati.

“Kami sangat terharu dengan kerja keras para pendidik dan ini menjadi cambuk bagi pengelola agar ke depan lembaga SPS Kasih Ibu tetap bisa bertahan dengan kualitas yang lebih baik dengan kerjasama semua pihak. SPS Kasih Ibu ikut berprestasi dalam mendampingi anak dalam usia emas dengan tetap melakukan pembelajaran  sesuai kurikulum pemerintah. Semoga pendidik makin termotivasi untuk mengembangkan diri untuk kualitas SPS Kasih Ibu,” ujarnya.

Hartini juga berharap, semoga ke depan cita-cita pendidik dan pengelola untuk memiliki gedung sendiri yang representatif bisa terwujud,

“Selama ini SPS Kasih Ibu menempati bangunan dari pihak lain. Mudah-mudahan dengan  berhasilnya SPS Kasih Ibu menjadi Juara 3 Kabupaten, ada pihak-pihak yang berkenan mewujudkan cita cita kami, karena dari awal kita bangun dengan tekad tidak hanya menyediakan lembaga pendidikan yang berkualitas melayani masyarakat, tapi juga bermanfaat bagi lingkungan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Lembaga SPS Kasih Ibu, Jumirah S.Pd mengungkapkan, dengan prestasi yang diraih, pendidik SPS Kasih Ibu menjadi semakin terpacu semangatnya untuk lebih baik dalam memberikan layanan pendidikan serta terus berinovasi menerapkan pendidikan PAUD yang lebih berkulitas, 

“Dengan berprestasi kita akan berusaha lebih baik ke depannya, tentu saja dengan harapan juga agar dukungan masyarakat terhadap SPS Kasih ibu semakin meningkat,” pungkasnya.

Penyerahan penghargaan kepada para juara dalam Lomba PAUD Desa Unggulan Tingkat Kabupaten Sleman, dilaksanakan di Ruang Ki Hajar Dewantara, Lt III, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dengan protokol kesehatan, Kamis (25/02/2020). Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Kabupaten Sleman, Drs.Ery Widaryana,M.M didampingi jajaran pejabat PAUD DIKMAS. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga