Budaya  

Peta Kuno Kraton Pleret Mulai Dipromosikan

BANTUL – Sejak dilakukannya penelitian tahun 2003 silam, kecamatan Pleret mulai berbenah. Pada penelitian itu ditemukannya situs peninggalan Kraton Pleret yang merupakan cikal bakal berdirinya Kerajaan Mataram.
Camat Pleret, Slamet Santosa menuturkan, tata bangunan Kraton Pleret mempunyai arsitektur yang paling megah pada era-nya, dan kuat dari sisi keamananya.”Kraton Pleret dikelingi tembok yang besar, dan di kepung sungai,” katanya, Jumat (15/11/2013).
Santoso juga menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi sebagai upaya promosi kepada masyarakat luas. “Tujuan utamanya adalah memperkenalkan kepada generasi muda,” tambahnya.
Santoso juga menjelaskan, berbagai upaya yang sudah dilakukan, di antaranya dengan membentuk Yayasan Warisan Budaya Mataram Pleret. Selain itu Santosa juga telah melakukan kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.
Untuk memperlancar promosi, pihak kecamatan kini mulai mengangkat budaya masyarakat, yang meliputi busana, boga, dan kesenian. “Untuk situs itu kewenangan Dispbudpar dan Purbakala provinsi, sedangkan kewajiban saya untuk mengangkat masyarakatnya,” pungkasnya. (elo)


Redaktur: Azwar Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com