Budaya  

Ribuan Warga Terlibat Aksi Dorong Rebutkan 5 Gunungan Skaten

YOGYAKARTA – Ribuan masyarakat Yogyakarta kembali melakukan prosesi kirab budaya grebeg skaten yang digelar Kraton Yogyakarta, pada Selasa (14/01/2014).

Gunungan tersebut merupakan hajad dalem atau sedekah berupa sesajian berbentuk tumpeng besar yang terbuat dari aneka makanan, seperti beras ketan, telur, buah-buahan serta sayur-sayuran yang berbentuk menyerupai gunung.

Ribuan masyarakat merebutkan 5 Gunungan Skaten dari total 7 Gunungan yang disediakan, di mana gunungan direbutkan setelah dilakukan pembacaan doa oleh juru doa.

Setelah doa selesai dilakukan kemudian ribuan masyarakat langsung menyerang gunungan tersebut atau dikenal dengan ngalaberkah dimana dari hasil rebutan tersebut dipercaya akan menambah rezeki.

Salah seorang warga asal Sayegan, Sleman, Sarijo (53) mengungkapkan dari hasil rebutanya bersama ribuan warga lainnya, sayuran dan buah-buahan yang dipercaya akan menambah rezekinya karena sayuran tersebut sudah didoakan oleh juru doa kraton yogyakrta.

“Saya tiba di masjid gede sejak pukul 06.00 pagi dengan menggunakan sepeda ontel bersama istrinya, ini sengaja kami lakukan setiap setahun demi mendapat rezeki berlimpah,” ujarnya.
Berdasarkan pantaun jogjakartanews.com, dalam prosesi grebek skaten kali ini ribuan masyarakat sempat terjadi aksi saling dorong oleh petugas keamanan karena tidak dapat masuk ke komplek halaman masjid gede Kauman Kraton Yogyakarta.

Sementara itu pasca prosesi grebek Skaten digelar kondisi arus lalu lintas di beberapa ruas jalan juga terjadi kemacetan seperti di depan Masjid kauman dan jalan Menuju Alun-alun utara Kraton Yogyakarta. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.