Malioboro Car Freeday Akhirnya Terwujud

YOGYAKARTA, 5/6 - CAR FREE DAY. Sejumlah pengendara sepeda melintasi kawasan Malioboro Yogyakarta saat dilaksanakannya Car Free Day, Sabtu (5/6). Kegiatan Car Free Day tersebut untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup internasional serta sangat efektif untuk menekan polusi dikawasan Malioboro yang selalu dipadati pengendara motor. FOTO ANTARA/ Wahyu Putro A/FOC/10

YOGYAKARTA – Mimpi kawasan Malioboro bebas dari kendaraan kini menjadi kenyataan, Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan space terhadap warganya dengan membentuk car freeday di kawasan Malioboro setiap Minggu mulai pukul 05.00-09.00 pagi.

Di mana masyarakat dapat melakukan aktivitas tanpa berkendara di sepanjang jalan kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Kepala UPT Malioboro, Syarif Teguh Menjelaskan, Malioboro Car Freeday sudah di berlakukan sejak minggu lalu setelah melakukan uji coba sebanyak dua kali.

“Setelah uji coba ternyata respons masyarakat cukup baik terhadap Malioboro Car Freeday,” ujarnya Selasa (05/2).

Menurutnya, Malioboro Car Freeday dilakukan setiap hari Minggu mulai pukul 05.00-09.00 WIB dengan melibatkan komunitas yang ada di Malioboro. Di mana tujuan akhir yang ingin dicapai ialah kawasan pedestrian nantinya akan mengawali Malioboro.

“Embrional padestrian secara keseluruhan dapat direalisasikan pada awal 2016 mendatang,” tambahnya.

Penutupan akses kendaraan bermotor setiap Hari Minggu pagi ini juga untuk menampakkan kembali Malioboro yang ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan konsep pedestrian atau menjadikan Malioboro sebagai kawasan pejalan kaki.

Berdasarkan hasil survey, dari seluruh kendaraan yang masuk ke Malioboro, 75 persen memiliki keperluan. Sedangkan 25 persen hanya sekadar melintas. Dengan demikian, dengan penutupan akses kendaraan bermotor tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran sebelum realisasi pedestrian secara penuh. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com