Pemilih di TPS 5 RW 5 Giwangan Disambut Tokoh Ramayana

YOGYAKARTA – Ada saja kreativitas petugas TPS untuk menarik pemilih. Di TPS 5 yang bertempat di Panti Werda RW 5, Desa Unggalan, Kelurahan Giwangan, para petugas TPS menggunakan kostum tokoh-tokoh pewayangan. Beragam petugas TPS dengan kostum para tokoh pewayangan Ramayana begitu ramah menyambut warga yang hendak menggunakan hak pilih.

Ketua RW 5, Pitoyo Asih menuturkan, tujuannya para petugas mengenakan kostum pewayangan untuk menarik para warga agar menjadi antusias memilih. Selain itu, lanjut Pitoyo, untuk melestarikan kebudayaan yang sudah sejak lama ada di kampung atau Desa Unggalan.

“Dulu banyak seniman-seniman di kampung sini,” kata Pitoyo sambil melayani para pemilih untuk mendapatkan surat suara, Rabu (9/4/2014). Pitoyo melanjutkan, dari sejarah itulah, Desa Unggalan dulu disebut dengan sebutan desa budaya.

Kostum tokoh-tokoh pewayangan Ramayana yang digunakan diantaranya; Rama, Gatotkaca, Anoman, dan beberapa tokoh kera. “Tapi Shintanya gak ada,” ujarnya dengan tawa. Berdasarkan pantau Jogjakartanews.com, selama pemungutan suara berlangsung, warga yang menggunakan hak pilih selalu tersenyum jika melihat para petugas TPS yang menggunakan kostum pewayangan tersebut. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.