Apa yang Disebut Proxy War? Ketahui, Waspadai!

????????????????????????????????????

YOGYAKARTA – Sistem keamanan sebuah negara harus menjadi perhatian dan rahasia bagi negara tetangga. Jangan sampai negara tetangga mencuri tau atau mengitipnya. Kemarin, Senin (5/5/2014), Makorem 072/Pamungkas mendapatkan kunjungan Militar Athan Tour atau kunjungan kenegaraan dari 38 tamu pasukan pertahanan dari luar negeri yang bertugas di Indonesia. Adakah unsur lain dari kunjungan tamu tersebut?

Danrem 072/Pamungkas, Brigjend MS Fadhilah tak memungkiri bahwa setiap kunjungan mesti diwaspadai. “Saya kira boleh tetap khawatir. Saya kira di satu sisi tidak boleh khawatir, karena hubungan negara bisa jauh,” katanya, Selasa, (6/5/14).

Fadhilah mengatakan, tujuan adanya kunjungan tentu menjaga hubungan antar negara. Lebih lanjut, kata Fadhilah, tren ke depan tentang keamanan dinamis. Selalu berubah. “Ke depan harus ada perubahan dan penyesuaian untuk meningkatkan sistem keamanan,” ujarnya.

Terlebih, konflik yang terjadi antarnegara saat ini tidak ditunjukkan langsung kedua belah pihak. Konflik kedua pihak tersebut akan menimbulkan perang, hanya saja perang dilakukan dengan menggunakan pihak ketiga atau dinamakan Proxy War.

“Menggunakan tangan orang lain untuk menghancurkan pihak lain lagi.
Efeknya tidak hanya pertempuran, tapi juga ekonomi media. Terutama media,” kata Fadhilah.

Untuk itu, terang Fadhilah, pasukan TNI mesti meningkatkan berbagai elemen sistem keamanan. Salah satunya, pimpinan harus megadakan sistem transformasi pengetahuan, dan pengembangan teknologi. Rekrutmen, lanjutnya, harus semakin tertib. Sumber daya yang masuk dengan kemampuan yang baik. Basic awal jiwa nasionalisnya mesti baik.

“Kemandirian teknologi semakin openting. Jika tergantung kita mudah di atur orang lain. Warm peace, ke depan, hubungan antarnegara bisa damai tapi panas. Saling curiga tapi pasang muka senyum. Tapi di balik itu melihat peluang-peluang apa yang bisa diambil.” (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com