Dekade ini, Kasus HIV/AIDS di Kota Yogyakarta Meningkat

YOGYAKARTA – Kasus HIV/AIDS di Kota Yogyakarta dalam kurun waktu 10 tahun terakhir cenderung meningkat. Dari 2004 hingga 2013, kasus tersebut terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta, secara kumulatif hingga bulan Desember 2013 saja terjadi sebanyak 677 kasus dengan rincian 458 penderita HIV dan 219 penderita AIDS.

“Dari 677 kasus tersebut, diderita 64 persen berjenis kelamin laki-laki, 38 persen pada usia 20-29 tahun, dan 46 persen berasal dari faktor risiko heteroseksual,” kata Pengelola Program KPA Kota Yogyakarta, Ghanis Kristia, Jumat (16/5/2014).

Dengan naiknya kasus HIV dan AIDS tersebut, KPA akan mengadakan Peringatan Malam Perenungan AIDS Nusantara (MRAN) 2014 pada Sabtu, 17 Mei 2014 di LSM CD Bethesda. Ghani menjelaskan, tujuan pelaksanaan peringatan HIV dan AIDS tersebut menyampaikan kepada berbagai lapisan masyarakat, termasuk pemerintah untuk berperan aktif mengetahui kesehatan reproduksi dan upaya penanggulangan serta pencegahan HIV dan AIDS.

“Informasi ini sangat penting, tak hanya masyarakat umum, tetapi penting juga untuk diketahui remaja,” ujarnya. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com