Budaya  

Yati Pesek dan Seniman Wayang Se DIY Bakal Pentaskan Prahara Tunggarana di UGM

YOGYAKARTA – Seniman senior diantaranya komedian Srimulat, Yati Pesek dan Dewi Dewo akan berkolaborasi dengan para seniman wayang dari 5 kabupaten dan kota se Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pementasan wayang wong (wayang orang) di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM, Jumat (10/10/2014) mendatang.

Dalam keterangan resminya, Ketua Panitia Pergelaran Wayang Orang, Dewi Cahya Ambarwati, MA., mengatakan pagelaran budaya tersebut diselenggarakan untuk Memperingati Dies Natalis ke-5, Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada ( SV UGM)

“Pagelaran wayang nantinya akan membawakan lakon Prahara Tunggarana,” papar Dewi, Rabu (08/10/2014) dikutip ugm.ac.id

Dewi menjelaskan Prahara Tunggarana menceritakan tentang sebuah konflik di Tunggarana, suatu daerah subur diantara Pringgadhani dan Trajutrisna. Pagelaran wayang ini berlangsung mulai pukul 19.00-23.00 WIB, gratis dan terbuka untuk umum.

Direktur Sekolah Vokasi UGM, Ir. Hotma Prawoto, M.T., menambahkan, tema Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke-5 adalah “Mewujudkan Pendidikan Vokasional yang Tangguh dalam Rangka Membangun Karakter dan Kedaulatan Bangsa”.

“Diambilnya tema ini sebagai wujud nyata SV UGM terhadap pelestarian nilai-nilai budaya melalui pagelaran wayang orang,” ungkapnya.

Dengan keragaman keilmuan yang ada, kata dia, diharapkan mahasiswa, khususnya SV UGM dapat memahami kebudayaan Jawa dan dapat mengambil manfaat dari cerita wayang orang yang disuguhkan. (Pr/Humas UGM/Satria)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.