APPKY Ngetrail Bareng Sambil Gelontor Bantuan Air Bersih di Dlingo

BANTUL– Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY) kembali menggelontorkan bantuan air bersih untuk warga yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau Rabu (30/09/2015). Kegiatan Bakti Sosial (Baksos)  APPKY Peduli kali ini diadakan di kawasan wisata hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul

Menurut  Wakil Ketua APPKY, Suyono, kegiatan sosial yang dilakukan asosiasinya merupakan wujud kepedulian terhadap sesama. Selain mengadakan Baksos, anggota  APPKY juga menyelenggrakan acara ngetrail (olah raga berkendara motor trail, red) yang diikuti pengurus dan anggota dengan sekitar 70 motor trail.

“Jadi selain Baksos, kami juga ikut memberi support terhadap potensi wisata di sini,” kata Suyono yang merupakan owner Aselia Transport ketua panitia Ahmad Munif dari Kabul Transport usai menyerahkan bantuan.

Dikatakan Suyono, droping air sejumlah 35 tangki akan disesuaikan dengan porsi kebutuhan warga sekitar dan di koordinir oleh Kepala  dukuh dan di pantau oleh anggota polsek Dlingo.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Kapolsek dlingo AKP Amir Mahmud, pejabat dukuh di desa setempat, dan pengelola wisata hutan pinus.

Kepala Dukuh Cempluk, Ngatiyo mengatakan, selain untuk warganya bantuan AAPKY akan diserakhan kepada warga di lima RT di Tiga padukuhan lainnya, yaitu Dukuh Mnagunan di RT 11 dan 16,  di Padukuhan Eropan 1 dan Eropan 2di RT  17 .43.44.

“Total Per RT ada 30 Kepala Keluarga,”  ujarnya diamini Ketua Pengelola Wisata Hutan Pinus, Suratman.

Ngatiyo menambahkan, selama ini warga di padukuhannya mengandalkan air bersih dari sumur tandah hujan. Namun sejak musim kemarau debit air sumur sedalam 20m tersebut sangat rendah.

“Ada sumur bor di daerah (Dukuh) Lemah Abang. Jaraknya sejauh dua km dari sini. Namun debit tidak mencukupi. Di Lemah Abang sendiri  ada dua RT, yaitu  26 dan 27. Kami berharap pemerintah membuatkan sumur lagi yang debit airnya mencukupi warga, terutama disaat musim kemarau. Bantuan dari APPKY ini sangat berharga bagi kami,” tukasnya.

Dalam sambutannya Kapolsek Dlingo juga mengapresiasi bantuan APPKY. Menurut Kapolsek bantuan air bersih sangat meringankan beban warga di sekitar lokasi hutan wisata.

“ Kami prihatin melihat warga yang kesulitan air di sini. Kami akan menggandeng komunitas-komunitas masyarakat untuk bisa saling berbagi seperti teman-teman APPKY. Apalagi teman-teman APPKY ini sering latihan ngetrail di sini. Kami juga berharap kegiatan ngetrail jangan sampai mengganggu warga, terutama petani yang menderes getah pinus,” ucap Kapolsek Dlingo yang baru menjabat sebulan ini. (pr/kt2)

Redaktur: Herman Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *