Budaya  

Kanwil Provinsi Jatim di Jakarta Gelar Pelatihan Reyog Ponorogo

JAKARTA – Sebanyak 200 peserta mengikuti Pelatihan Kesenian Reyog Ponorogo yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Jakarta. Pelatihan yang akan berlangsung selama dua hari 25-26 Maret 2016 mengundang pelatih langsung dari Ponorogo Jawa Timur, Gatot Eko Triono dan Sukamto.

Kepala Kantor Perwakilan (Kanwil) Provinsi Jawa Timur, Azhari Abubakar mengatakan pelatihan kesenian Reyog Ponorogo harus terus dilakukan dan dikembangkan khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Sebagai bentuk pengembangan kesenian Reyog Ponorogo, pada pelatihan kali ini difokuskan untuk penari Jathil dan penari Warok,” kata Azhari dalam sambutan pembukaannya di di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jum’at (25/03/2016)..

Lanjutnya, setelah pelatihan kesenian Reyog Ponorogo ini direncanakan diselenggarakan Kompetisi Reyog Mini se-Jabodetabek pada bulan Oktober 2016 nanti.

“Peserta Kompetisi Reyog Ponorogo nantinya terdiri dari para pelajar sehingga dinamakan Reyog Mini,” tambah Azhari.

Sementara Ketua Komunitas Reyog Ponorogo (KRP), Suyatno mengapresiasi langkah Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan kesenian Reyog Ponorogo dengan mengirim peserta sebanyak 51 orang dari pelajar dan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Kami berharap pelatihan semacam ini perlu diteruskan dengan durasi yang lebih panjang. Ini merupakan bagian dari upaya pemajuan dan pelestarian seni pertunjukan Reyog Ponorogo,” pungkas Suyatno. (pr*)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.