Danrem 072 Pamungkas: Buku Soedirman Menjadi Cermin Perjuangan

YOGYAKARTA– Komandan Komando Resort Militer 072/Pamungkas (Danrem 072/Pmk), Brigjen. TNI. Fajar Seytawan memberikan apresiasi yang tinggi dengan dilaunchingnya buku ‘Soedirman, The Great Genune General’. Menurutnya, buku tersebut merupakan pencerminan sikap dan perbuatan Pangsar Jenderal Soedirman sebagai Bapak TNI.

Hal itu diungkapkan Danrem 072/PMK dalam launchingnya buku ‘Soedirman, The Great Genune General’ di Museum Sasmitaloka, Jenderal Soedirman, Yogyakarta, Rabu (20/12/2017) sore.

“Buku ini merupakan pencerminan Jiwa dan Semangat Juang 45. Bukan keharuman nama pribadi, melainkan nilai kehormatan bangsanya yang hendak dicapainya. Jenderal Soedirman termasuk orang yang rela menerima apa yang sedang dihadapinya dan menggunakan apa adanya,” tuturnya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasrem 072/PMK, Kolonel inf Ida Bagus Ketut Surya.

Dikatakan Kasrem 072/PMK, Jenderal Sudirman merupakan salah satu pejuang dan pemimpin teladan bangsa ini. Dalam buku karya (alm) Bugiakso dan Nining Tejaningsih (Cucu Jenderal Soedirman), sang Panglima Besar disebut tokoh panutan paripurna,

“Saya sangat setuju. Itu karena pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan bangsa di atas kepentingan pribadinya. Ia selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara,” tandas Kasrem membacakan sambutan Danrem.

Ia menambahkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai perjuangan para pahlawannya. Menurutnya, kalimat itu dilontarkan untuk mengajak bangsa kita agar menghormati jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Penghargaan kepada para pahlawan, kata dia,  tidak sekadar mengingatnya dengan mendirikan patung atau memberikan nama jalan sesuai dengan nama pahlawan, tetapi belajar dari pemikiran, sikap, tindakan para pahlawan tersebut.

“Buku adalah jendela dunia, ungkapan bijak yang benar adanya, membaca buku akan memperluas pengetahuan dan wawasan kita serta dapat mengubah pola pikir kita menjadi lebih open minded terhadap perkembangan dan ide-ide baru termasuk buku-buku dalam kajian histori, seperti buku SOEDIRMAN, The Great Genuine General, yang dibedah hari ini,” imbuhnya

Danrem 072/PMK dalam sambutan tertulisnya berharap, peluncuran dan bedah buku dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi generasi baru. Bercermin dari perjuangan para pejuang kemerdekaan yang dipimpin Jenderal Soedirman, menurut Danrem,  kita semakin yakin bahwa seberat apapun tantangan tugas yang dihadapi sepanjang dilaksanakan dengan penuh keyakinan, semangat pantang menyerah dan rasa persatuan yang kokoh, maka apapun yang kita inginkan dapat tercapai, tentunya atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,

“Jadikan kegiatan ini sebagai momen yang tepat dan strategis bagi kita untuk menyerap ilmu dan inspirasi dari nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Soedirman,” harapnya.

“Semangat kebangsaan dan kepahlawanan beliau yang diteladankan  harus terus-menerus diaktualisasikan dan  diisi dengan ruh baru sesuai tantangan zaman. Dengan mengaktualisasikan Api semangatnyalah kita bisa membangun bangsa dengan penuh keyakinan mengejar ketertinggalan kita dari kemajuan bangsa-bangsa lain di dunia,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Kasrem mengajak hadirim mengikuti dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh para nara sumber dengan sungguh-sungguh, tulus dan penuh semangat,

“Saya harap, peserta dapat menangkap dan merenungi     serta mengambil intisari dari buku tersebut dan mengaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi kemajuan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” pungkasnya.

Bedah buku dihadiri Jenderal (Purn) Agum Gumelar yang bertindak sebagai key note speaker dan menghadirkan tiga pembedah, yaitu Ir. Muhammad Teguh Bambang Cahyadi Soedirman (Putra Pangsar Jenderal Soedirman),  Dr. Muhammad A.S Hikam, APU (pengamat politik dari President University) dan Prof. Dr. Anhar Gonggong (Sejarawan). Bedah buku yang dihadiri sekitar 200 peserta undangan dari unsur TNI, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat tersebut dimoderatori oleh Dr. Hempri Suyatna, S.Sos, M.Si (akademisi UGM).

Hadir dalam bedah buku, Ketua IKAL Komisariat DIY, Sugiyanto Harjo Semangun;  Penulils Buku, Nining Tejaningsih, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) DIY, Pimpinan DPRD DIY, Pematung Yusman, dan sejumlah tokoh masyarakat DIY.

Sekadar Informasi Kegiatan Bedah Buku Soedirman The Great Genuine General diselenggarakan IKAL DIY bekerjasama dengan Korem 072/PMK untuk memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017. Acara bedah buku tersebut serangkaian dengan pameran tunggal Yusman bertajuk, ‘Pameran Retrospektif 32 Tahun Yusman; Menandai Indonesia’ yang digelar di Jogja Gallery, Alun-Alun Utara Yogyakarta, 20 Desember 2017 hingga 10 Januari 2018 mendatang. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin AS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.