Klien Bapas Jogja Dapat Bantuan Modal Usaha

Yogyakarta – Dua Puluh lima klien Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta(Bapas Jogja) yang telah mengikuti kegiatan bimbingan kemandirian yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Yogyakarta, mendapatkan stimulan modal usaha, Rabu(03/06/2020).

Dalam kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2020 sampai dengan 12 Maret 2020 lalu iti, para klien diberikan materi tentang motivasi, dinamika kelompok, kesadaran hukum dan kemandirian wirausaha seperti repacking makanan ringan, usaha cuci sepatu, dan pembuatan telur asin.

Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak, Hartono mewakili Kepala Bapas Jogja mengatakan bahwa pemberian stimulan modal usaha bantuan dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta.

“Stimulan modal usaha dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta untuk klien Bapas Jogja  ini memang tidak seberapa, tetapi ditengah pandemik corona ini harapan kami bisa sangat bermanfaat untuk klien Bapas Jogja dalam merintis usaha,”ucapnya.

“Terimakasih kepada Dinas Sosial Kota Yogyakarta atas kerjasamanya selama ini, mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan untuk masa yang akan datang,”harap Hartono.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat menyampaikan bahwa kegiatan kali ini memang lain dari biasanya.

“Biasanya saya dapat bertatap muka langsung tetapi sekarang semua memakai masker, ketika memasuki gedung Bapas Jogja protokoler kesehatan sangat diperhatikan, mulai mencuci tangan, box sterilisasi, pemeriksaan suhu badan, dan ketersediaan hand sanitizer ditempat strategis, dalam penerimaan inipun jaga jarak sangat diperhatikan, apresiasi tersendiri untuk seluruh penyelenggara, dalam situasi pandemik corona ini memang harus jeli mengambil peluang usaha, kemarin telah diajarkan untuk usaha mandiri harapan saya praktikan kegiatan tersebut lakukan pilihan dengan jeli, pemasaran melalui media sosial sudah banyak contohnya terutama untuk usaha kuliner, materi telur asin bisa dikembangkan seperti penambahan rasa khusus yang bisa diminati banyak kalangan, kembali kami tekankan lakukan inovasi untuk menarik minat konsumen, yakin pasti lebih menarik,” harap nya.

Penyerahan stimulan modal usaha dari Dinas Sosial diserahkan kepada Kasmad Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat(IPSM) Kota Yogyakarta secara simbolis dan selanjutnya dari IPSM diserahkan kepada Bapas Jogja untuk didistribusikan kepada Klien Bapas Jogja.

Fathin Saefudin Klien bapas Jogja menyampaikan rasa syukurnya bahwa stimulan modal usaha ini sangat bermanfaat untuknya.

“Secara pribadi saya mengucapkan terimakasih kepada Bapas Jogja yang telah mengikutkan saya menjadi salah satu peserta pelatihan kemandirian, setelah bebas terus terang saya belum mempunyai kegiatan apapun, alhamdulillah dengan modal  ini bisa melakukan kegiatan usaha,”ucapp nya.

Dihubungi lewat telepon Kepala Bapas Jogja yang sedang bertugas di Bandung Jawa Barat, Muhammad Ali Syeh Banna mengungkapkan bahwa setiap tahun secara periodik Bapas Jogja dan Dinas Sosial bekerjasama untuk kepentingan klien Bapas Jogja.

“Dalam Struktur organisasi Bapas ada khusus sub seksi yang menangani bimbingan kerja klien Bapas, tugasnya adalah melakukan kerjasama denga berbagai pihak demi kepentingan klien, salah satunya dengan Dinas Sosial Kota Yogyakarta, untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan bimbingan kemandirian klien harus melalui tahap seleksi yang dilakukan secara bertahap oleh sub seksi bimbingan kerja, klien Bapas yang mempunyai KTP dan bertempat tinggal di wilayah kota Yogyakarta berhak mengikuti seleksi yang kemudian ada tahapan yang ditentukan sesuai dengan kuota yang diberikan dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta, untuk kesempatan kali ini kuota yang diberikan sebanyak 25 orang yang masing-masing mendapatkan bantuan sebanyak dua juta rupiah,” ungkapnya.

Di akhir acara pelaksanaan pemberian stimulan modal usaha, kepala Sub Seksi Bimbingan Kerja Klien Dewasa, Diana Anggar Kusuma menambahkan bahwa dalam kegiatan iniBapas Jogja tetap memantau dan mengawasi sebagai tindak lanjut pelaksanaan kemandirian klien melalui pembimbing klien masing-masing, sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Kota Yogyakarta dan seluruh panitia penyelenggara, serta pihak pihak terkait,”tutupnya.(Bon)

Redaktur: Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.