Teliti Melon Hantarkan Budi Daryono Raih Penghargaan Penelitian Kolaboratif Terbaik UGM

YOGYAKARTA – Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., Ph.D., memperoleh penghargaan insan UGM berprestasi tahun 2020 dalam kategori Penelitian Kolaboratif Klaster Sains dan Teknologi Terbaik. 
 
Penghargaan insan berprestasi ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Universitas Gadjah Mada kepada segenap sivitas akademika termasuk alumni yang memiliki prestasi dan kontribusi di lingkungan masyarakat. Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya dalam rangka Dies Natalis Universitas Gadjah Mada. 
 
Budi Daryono yang merupakan dosen dari Laboratorium Genetika dan Pemuliaan memang tergolong aktif dalam berbagai kegiatan penelitian. Karya penelitian yang menjadikannya sebagai pemenang kategori Penelitian Kolaboratif Klaster Sains dan Teknologi Terbaik UGM 2020 yaitu “Kolaborasi Integratif Akademisi Dalam Pengembangan Bahan Baku Industri Kosmetik Bersama PT. Gizi Indonesia”. 
 
“Penelitian kolaboratif kita lakukan dalam pengembangan kosmetik berbahan baku buah melon dari jenis Gama Melon Parfum (GMP),” jelas pria yang telah lama meneliti dan mengembangkan beragam jenis melon baru ini, Jum’at (13/11).
 
Gama Melon Parfum yang dipakai untuk bahan baku kosmetik telah lama dikembangkan oleh Budi Daryono. Melon jenis ini memiliki karakter ukuran buah kecil, kulit buah berwarna hijau dan terdapat ornamen unik. Sementara untuk rasanya pahit, tetapi mempunyai aroma yang sangat wangi. Dalam setiap pohonnya rata-rata mampu berbuah 4-10 buah dengan berag per buah sekitar 50 gram hingga 4 ons. Sementara untuk masa panen membutuhkan waktu sekitar 55-58 hari. 
 
“Aroma wangi yang kuat dari melon GMP ini menjadikannya cocok dijadikan sebagai bahan parfum,” terangnya. 
 
Lebih lanjut ia menyampaikann kegiatan penelitian dalam riset kolabboratif pengembangan kosmetik dengan bahan baku melon itu berhasil memperoleh pendanaan dari RISPRO-LPDP Kementerian Keuangan RI pada tahun 2020 – 2022.  Penelitian bertujuan untuk mengkomersialisasikan produk kosmetik berbahan baku buah melon GMP dan melibatkan tiga Fakultas untuk saling berkolaborasi, diantaranya yaitu Fakultas Biologi, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Farmasi.
 
Di Fakultas Biologi sendiri,  Budi Daryono juga berkolaborasi dengan beberapa laboratorium untuk mengembangkan riset melon GMP. Beberapa diantaranya Laboratorium Genetika dan Pemuliaan, Laboratorium Fisiologi Hewan, Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Sistematika Tumbuhan. 
 
Sementara dibidang komersialisasi, ia menggandeng mitra industri diantaranya PT. Gizi Indonesia yang bergerak pada sektor industri kosmetik dan PT. Nudira Sumber Daya Indonesia yang bergerak pada sektor agrikultur dalam pemenuhan bahan baku industri. Kolaborasi lintas sektor dan sarat akan multidisiplin ilmu menjadikan salah satu kunci keberhasilannya dalam meraih penghargaan sebagai salah satu insan UGM berprestasi tahun 2020. (pr)
 
Redaktur:Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.