Dies Natalis ke-56, Departemen Perikanan UGM Tebar Benih Ikan di Rawa Kalibayem

BANTUL – Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM  bersama dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial di Pedukuhan XII Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY, Sabtu (21/11/2020) lalu.

Kegiatan bakti sosial diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Perikanan UGM ke-56 sekaligus memperingati Hari Ikan Nasional. Bakti sosial tersebut dilakukan bekerjasama dengan Komunitas Embung Lovers Perikanan UGM dan Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan (KMIP) UGM.

“Kegiatan pengabdian dari Departemen Perikanan UGM ini merupakan upaya menerapkan ilmu pengetahuan dan pendampingan masyarakat dalam menjaga ekosistem Rawa Kalibayem  sekaligus meningkatkan kesadaran pentingnya mengkonsumsi ikan dalam kondisi pandemi COVID-19”, ujar Ketua Departemen Perikanan UGM, Dr. Ir. Murwantoko, M.Si.

Murwantoko menyebutkan berbagai kegiatan dilakukan dalam acara bakti sosial tersebut. Salah satunya adalah penebaran 20 kilogram benih ikan tawes dan karper. Tebar benih ikan bertempat di embung Rawa Kalibayem ditujukan untuk menjaga keseimbangan eksosistem telaga. Selain penebaran benih ikan turut dilakukan pemasangan papan anjuran terkait pentingnya menjaga kelestarian embung dan sumberdaya perikanan, edukasi kepada anak-anak serta pembagian produk olahan ikan kepada warga masyarakat sekitar Rawa Kalibayem.

Pembagian produk olahan ikan diharapkan Murwantoko mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengonsumsi produk olahan ikan. Upaya itu sekaligus untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Yogyakarta.

“Dalam kesempatan itu juga dilakukan bersih embung dan juga penanaman pohon di sepanjang embung,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Desa Ngestiharjo, Fathoni Aribowo menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini Departemen Perikanan UGM, Komunitas Embung Lovers, dan KMIP UGM semakin berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat khususnya sekitar Rawa Kalibayem. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kawasan perairan tersebut sebagai sumber ekonomi, tetapi tetap dengan menjaga kelestariannya.

“Rawa Kalibayem mengandung banyak sekali sejarah terkait dengan perjuangan Republik Indonesia, yang saat ini sedang berbenah untuk dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Desa Ngestiharjo,” katanya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com