Studi Tiru Menjadi Agenda Bapas Jogja Sebagai Tahapan Awal Proses Pembangunan Gedung Negara

 Yogyakarta – Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta mengadakan studi tiru pembangunan gedung negara Bapas Kelas I Yogyakarta ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan(LPP) Kelas IIB Yogyakarta, Jalan Taman Siswa No.6B, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Jumat (22/01/2021).

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna ,diterima langsung oleh Kepala LPP Kelas II B Yogyakarta, Ade Agustina berserta seluruh staff.

Muhammad Ali Syeh Banna mengatakan, studi tiru ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan persiapan dan perencanaan pembangunan gedung negara yang telah dilaksanakan oleh LPP Kelas IIB Yogyakarta.

“Seperti diketahui tahun 2020 LPP melaksanakan pembangunan gedung negara dan telah selesai , maka untuk singkatnya untuk mengantisipasi hal-hal yang mendesak dan apa yang harus segera dipersiapkan, untuk itu pihak kami mencoba untuk menimba ilmu ,” ungkap Alisyeh panggilan akrab nya

“tahapan apa saja yang perlu kami persiapkan terutama diawal persiapan, walaupun bentuk bangunannya berbeda yaitu untuk Lembaga Pemasyarakatan yang merupakan bangunan khusus sedangkan Bapas bukan masuk kriteria bangunan khusus tapi tidak ada salahnya untuk berkoordinasi dan menimba ilmu,” tambah Alisyeh.

Dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini diisi dengan diskusi pelaksanaan persiapan yang bisa dijadikan bahan perbandingan dan keberhasilannya dalam awal tahapan-tahapan pembangunan sampai selesai dan juga pelaporannya.

Ade Agustina menjelaskan bahwa pada prinsipnya kegiatan persiapan harus dilakukan secara seksama dan teliti.

“Jangan sampai kerja dua kali, diharapkan untuk tahapan persiapan harus benar-benar seksama, mulai dari apakah tanahnya ada sertifikat, ijin lingkungan, ijin lalulintas dan lain-lain,” jelasnya.

“perhatikan tahap-tahapan supaya lebih detail lagi untuk mengurangi resiko dikemudian hari,” tambahnya.

Di akhir diskusi Ali Syeh yang di damping tim persiapan mengatakan bahwa sangat berterimakasih atas ilmu yang diberikan.

“Kami serombongan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran LPP Kelas IIB Yogyakarta yang telah memberi kesempatan kami untuk bisa menimba ilmu,” kata Ali Syeh.

Ali Syeh berharap bisa bertukar pikiran untuk saling melengkapi dan semoga mendapatkan hasil yang positif baik dalam proses tahap perencanaan, lelang, pekerjaan konstruksi dan konsultansi pengawasan sampai pelaporannya untuk proyek pembangunan gedung negara Bapas Kelas I Yogyakarta tahun 2021 yang sesuai dengan aturan yang ada.

“Pada kesempatan lain semoga pihak LPP tidak bosan menjadi tempat bertanya dan koordinasi, kembali lagi kami sampaikan terimakasih,”pungkas Ali Syeh.(Bon)

Redaktur: Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *