Program Studi Sarjana Teknologi Informasi UP 45 Ajukan Akreditasi ke BAN-PT

YOGYAKARTA – Program Studi Sarjana Teknologi Informasi Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi atau Asesmen Lapangan (AL) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada Jumat dan Sabtu (07-18/05/2021) yang lalu. 

Sekretaris UP 45 Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan, para asesor melakukan proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan,

“Tim dari Program Studi Teknologi Informasi dan seluruh jajaran Pengelola menyediakan semua dokumen terkait dan telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses AL secara daring,” tuturnya dalam keterangan pers kepada jogjakartanews.com, Selasa (18/05/2021).

Putri menjelaskan, kegiatan AL berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dimana para asesor melakukan asesmen dari tempatnya masing-masing. Sedangkan Tim dari Program Studi Teknologi Informasi dan Pengelola bersama-sama menerima visitasi secara daring ini dari Ruang Pertemuan, Kampus UP 45 Jl. Proklamasi No 1 Babarsari Depok Sleman Yogyakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Putri melalui akreditasi dapat mengetahui sejauh mana mutu performa kinerja pengelolaan Perguruan Tinggi melalui sistem penjaminan mutu eksternal PT,

“Melalui akreditasi kita akan mengetahui sudahkah kita memiliki kelayakan Program Studi berdasar Standar Nasional Perguruan Tinggi? Akreditasi tidak hanya menjamin mutu bidang akademik dan non akademik tetapi juga memberikan jaminan atau untuk melindungi hak mahasiswa dan masyarakat sebagai usernya,” ungkapnya.

Dikatakan Putri, akreditasi bagi perguruan tinggi untuk peningkatan mutu performa kinerja pengelolaan Perguruan Tinggi,

“Kegiatan ini bermanfaat bagi institusi pendidikan lantaran mendapatkan para pakar/ asesor yang akan mendamping mengevaluasi sejauh mana manajemen pengelolaan kita,” imbuhnya.

Selama ini UP 45 terus berupaya terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pada Program Studi Sarjana Teknologi Informasi. Putri berharap pengajuan Akreditasi nantinya bisa dikabulkan.

Putri menginformasikan, dalam pelaksanaan AL di UP 45, Asesor yang ditugaskan adalah Dr.Ir.Petrus Mursanto,M.Sc dan Prof.Dr Maman Abdurrrohman,S.T,M.T. Kedua asesor mempunyai latar belakang akademis bidang teknologi Informasi yaitu Dr.Ir.Petrus Mursanto,M.Sc berasal dari Universitas Indonesia dan Prof.Dr Maman Abdurrrohman,S.T,M.T berasal dari Universitas Telkom.

Kegiatan hari pertama AL dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan berisi sambutan dari pimpinan Universitas, pembukaan asesmen dengan agenda pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan, dilanjutkan Virtual Tour Fasilitas Kampus oleh Andri Prasetyo,S.Si,M.Sc, secara virtual ditunjukkan Live fasilitas kampus; gedung, ruang kuliah, ruang manajemen, lab, perpustakaan, ruang LPPM, dan ruang penjaminan mutu.

Agenda ketiga konfirmasi data LKPS, serta penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif. Dilanjutkan sesi dengan pelaksana penjaminan mutu internal, dengan agenda konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus-siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/ tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan sesi Tim Akreditasi dan Unit Layanan, sesi dengan dosen dan tenaga kependidikan, sesi dengan alumni dan pengguna eksternal, sesi dengan mahasiswa.

Sesi kedua AL melanjutkan proses asesmen terhadap dokumen borang dan evaluasi diri Prodi dan Universitas. Ketua Prodi, seluruh tim akreditasi Prodi, dan jajaran pengelola selanjutnya diminta konfirmasi dan penjelasannya terkait materi pada dokumen sesuai bidangnya masing-masing.

Sesi ini diakhiri dengan penyampaian masukan dari masing-masing asesor untuk Tim Akreditasi Prodi terkait perbaikan dokumen khususnya Evaluasi Diri.

Semua pihak yang menjadi partisipan memberikan keterangan masing-masing sesuai pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. Sesi terakhir pada proses asesmen ini pun penyampaian feedback dan penandatanganan Berita Acara AL, serta ditutup dengan penandatangaan Berita Acara pukul 11.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UP45 Ir Bambang Irjanto,MBA beserta jajarannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Benedictus Renny See, S.H.,S.E.,M.H serta Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Febriyanti A.Ginting,S.Pd.,M.Sc., Dekan Fakultas Teknik Dr.Sugeng Riyono,M.Phil, Wakil Dekan Fakultas Teknik Aisyah Indah Irmaya,S.T.,M.T Kaprodi Teknologi Informasi Sapriani Gustina,S.Kom.,M.Kom dan Sekretaris Prodi Lukman Hakim,SKom.,M.T. Nampak hadir dalam assesment Drs. Bambang Sugeng,M.M, M. Noviansyah Aridito,SPd,MSC, Muchamad Malik, SKom,M.Eng  dan seluruh tim dari Akreditasi.  (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.