Bangun Gotong Royong Nasional, BPIP Jalin Kerjasama dengan Pemda DIY

YOGYAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) dalam program Membangun Gotong Royong Nasional Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila. 

Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP, Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi mengungkapkan latar belakang kerjasama dengan Pemda DIY adalah Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara ditegakkan dan diterapkan dalam berbagai sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagaimana diamanatkan UUD 1945,

“Tujuan utama dari pembinaan Ideologi Pancasila tersebut adalah pembangunan karakter bangsa (nation character building) manusia Indonesia seutuhnya yang mampu menghasilkan insan-insan Indonesia berjati diri sesuai dengan nilai Pancasila. Selain itu, manusia Indonesia juga sebagai aktor pembangunan nasional yang menjadi prasyarat terwujudnya visi dan misi berbangsa dan bernegara, berupa masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila,” tuturnya saat kunjungan kerja ke Pemda DIY, Kamis (23/09/2021).

Dalam kunjungannya, rombongan BPIP disambut Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji didampingi para pejabat Pemda DIY, di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Baby menjelaskan, ruang lingkup kerjasama antara lain pelaksanaan sosialisasi, pembudayaan dan penggalian mutiara Pancasila yang bersumber pada kearifan lokal melalui literasi sejarah lahirnya Pancasila dan pengembangan jaringan dalam rangka pembinaan Ideologi Pancasila. Kemudian, pelaksanaan internalisasi dan institusional regulasi serta kebijakan yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Selanjutnya advokasi, penanganan penyelesaian, penanggulangan masalah dan kendala dalam pembinaan Ideologi Pancasila serta penyediaan standar materi bahan ajar serta penelitian mengenai pembinaan Ideologi Pancasila,

“Nanti juga ada penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pembekalan, seminar, dan lokakarya dalam rangka pembinaan Ideologi Pancasila. Itu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan serta monitoring evaluasi, pengembangan kerjasama jejaring multi pihak dalam mendorong pengamalan nilai-nilai Pancasila dan pengendalian serta evaluasi terhadap implementasi kebijakan pembinaan Ideologi Pancasila,” terang Baby.

Sekda DIY Drs.R. Kadarmanta Baskara Aji mengapresiasi serta menyambut baik kerjasama dengan BPIP. Menurut Kadarmanta, BPIP menjalin kerjasama dengan Pemda DIY sangat tepat, sebab DIY sangat cocok sebagai salah satu tempat untuk diklat BPIP. Hal ini dikarenakan warga yang berada di DIY bukan hanya masyarakat asli DIY, namun juga warga yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini  menurutnya ditandai dengan adanya asrama-asrama dari berbagai daerah di Indonesia ada di DIY dan itu di bawah pembinaan Bakesbangpol DIY.

“Bahkan sebentar lagi perkuliahan akan dimulai, maka DIY ini akan menjadi Indonesia mini, jadi masyarakat DIY dari 33 provinsi ada,” tuturnya.

Ia menegaskan, Pemda DIY siap melakukan kerjasama Membangun Gotong Royong Nasional Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila sebab telah didukung oleh kepala-kepala OPD yang telah lebih dahulu melaksanakan pembinaan menerapkan Ideologi Pancasila.

“Di samping itu, kantor Badan Diklat DIY juga cukup representatif kalau untuk Diklat BPIP mengingat lokasinya yang sangat tenang yang ada di pegunungan,” imbuh mantan Kepala Dinas Dikpora DIY ini. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.