Bakal Menyesal Meremehkan Gulma ini Setelah Tahu Khasiatnya

Tanaman gulma seringkali diremehkan, diantaranya daun suruhan. Tanaman yang memiliki nama Peperomia Pellucida ini sering tumbuh di tempat lembab, seperti di pinggir kolam hias taman. Daun yang tumbuh liar itu biasanya dicabut dan dibuang begitu saja karena nampak merusak pemandangan.

Tapi setelah tahu manfaatnya, Anda pasti bakal menyesal telah menyia-nyiakan pohon dengan batang berair dengan daum hijau ini. Ternyata keeluruhan dari suruhan dapat dimakan baik dimasak atau mentah dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Data etnomedisinal di Bolivia dari Altenos Indian mendokumentasikan seluruh daun suruhan dapat dihancurkan, dicampur dengan air, dipanaskan, dan kemudian diberikan secara oral untuk menghentikan perdarahan.

Referensi yang sama mendokumentasikan ramuan akar untuk pengobatan demam dan bagian tumbuk yang dioleskan atau digunakan sebagai balutan untuk luka.

Selain bisa mengobati penyakit luar, Suruhan juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam, diantaranya sebagai Obat Peradangan dan Asam Urat.

Di Amerika Selatan dan daerah tropis lainnya, manfaat daun suruhan telah digunakan untuk mengobati kondisi peradangan seperti radang sendi dan asam urat.

Suruhan juga dapat digunakan untuk Pengobatan alami demam, batuk, pilek, sakit kepala dan radang sendi. Dalam penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology  menunjukkan ekstrak daun suruhan menunjukkan anti inflamasi dan analgesic.

Aktivitas anti-inflamasi dikaitkan dengan gangguan sintesis prostaglandin. Dalam penelitian lain yang dilakukan pada kelinci, ekstrak daun suruhan menunjukkan aktivitas anti-piretik yang menunjukkan bahwa itu sebanding dengan aspirin standar.

Suruhan juga mengandung senyawa anti kanker. Sebuah penelitian telah mengisolasi senyawa dalam daun suruhan yang memiliki tindakan penghambatan terhadap pertumbuhan beberapa sel kanker menunjukkan potensi sebagai supelemen anti kanker.

Manfaat lain daun suruhan yaitu sebagai anti oksidan. Daun suruhan memiliki aktivitas pembersihan yang kuat terhadap radikal bebas atau bisa dibilang memiliki anti oksidan alami yang baik.

Sebuah penelitian Life Sciences and Madicine Research telah menyebutkan senyawa dalam daun suruhan ditemukan adanya aktivitas antibakteri. Selain itu juga terdapat kandungan anti depresan. Hal itu pernah diteliti pakar kesehatan di Bangladesh.Hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak pansit-pansitan memiliki aktivitas depresan tergantung dosis yang bermanfaat untuk pengobatan rangsangan mental yang berlebihan.

Dalam studi terkontrol yang melibatkan tikus, ekstrak dari daun suruhan yang diberikan dan kadar asam urat dipantau. Penelitian telah menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak daun suruhan menunjukkan penurunan kadar asam urat dalam darah sebesar 44 persen sedangkan yang diberi obat allopurinol menunjukkan penurunan kadar asam urat sebesar 66 persen.

Hasil ini menunjukkan bahwa manfaat daun suruhan mungkin mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif alopurinol untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah atau bisa juga disebut sebagai pengobatan alami asam urat.

Daun suruhan sebagai salah satu obat erbal untuk penyakit asam urat juga sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia. (*)

Kontributor: Nur Fitriani

Redaktur: Faisal

52 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.