Putra Sulung Ridwan Kamil Dikabarkan Hilang Terseret Arus Sungai di Swiss

JAKARTA –Emmeril Khan Mumtadz, putra Sulung Gubernur Jawa barat, Ridwal Kamil dikabarkan hilang setelah terseret arus deras sungai  Sungai Aare, yang terletak di Kota Bern, Negara Swiss Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

Kabar adanya musibah yang menimpa Emmeril dibenarkan oleh adik Ridwan Kamil, Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman.

Elpi mengatakan, Eril, sapaan akrab Emmeril Khan Mumtadz sedang berada di Swiss bersama keluarga, mencari sekolah untuk dirinya yang akan melanjutkan ke jenjang S2. Ia mendengar kabar Eril hilang dari keluarga yang menemani Eril di Swiss.

Peristiwa tersebut terjadi pada siang hari waktu Swiss, dengan kondisi cuaca cerah.

“Eril berenang di sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras,” saat dikonfirmasi Wartawan di Jakarta, Jumat (27/05/2022)

Elpi menambahkan, tim SAR dan polisi Swiss saat ini masih melakukan pencarian. Namun menurutnya, pencarian sempat dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan pagi ini. Hingga ia mengabarkan, pencarian sudah berlangsung selama enam jam.

Elpi berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan selamat dan sehat. Ia juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan keponakannya.

“Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat,” ucapnya.

Mendengar kabar putranya hilang terbawa arus sungai Aare di Swiss, Ridwan Kamil yang tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat, segera bertolak ke swiss.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk swiss dan Lichtenstein, Mulyaman D Hadad dalamm pernyataannya saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon mengatakan, kedutaan di Swiss telah menerima laporan insiden yang menimpa Eril. Ia juga membenarkan bahwa saat ini Ridwan Kamil sudah berada di swiss,

“Pak ridwan kamil sudah tiba (di swiss) dari tugasnya di London kemarin, menyusul begitu mendengar berita ini,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Terkait kronologis kejadian, Ia mengatakan hal senada dengan keterangan Elpi.

“Seperti yang juga disampaikan pihak keluarga saya kira di sana jelas disampaikan bahwa Eril sedang berenang bersama adiknya dan kawan adiknya bertiga. Sempat berusaha ditolong adik dan temannya itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sungai Aare memang salah satu tempat wisata di kota Bern yang biasa digunakan berenang. Dari informasi yang dia dapat, saat kejadian Eril terseret arus sungai juga banyak orang yang sedang berenang di sana.

“Kalau musim panas banyak sekali yang berenang karena memang tempat bagus,” ujarnya.

Kejadian arus deras di sungai Aare yang menyeret orang yang sedang berenang menurutnya juga pernah terjadi sebelumnya.

“Kejadian serupa pernah terjadi,” ungkapnya.

Terkait pencarian yang diupayakan, Mulyaman mengatakan sudah dilanjutkan,

“Hari ini mudah mudahan bagus hasilnya dan ada berita baik. Mudah mudahan,” harapnya. (kt3/kt4/pr)

Redaktur: Hamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.