Eril, Putra Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Aare Swiss Ternyata Bersertifikat Penyelam

JAKARTA- Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, Putra Sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, ternyata mahir berenang. Eril juga memiliki sertifikat diving (menyelam).

Hal itu diungkapkan adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman.

“Eril juga biasa diving dan berenang apalagi melawan arus. Kecenderungan untuk melawan arus itu biasanya berenang secara diagonal. Jadi kita harus menjaga teman supaya tetap terlihat dan tetap di posisinya,”jelas Elpi saat konferensi pers secara virtual di Jakarta, Sabtu (28/05/2022).

Kendati demikian, Elpi tidak bisa meyangkal bahwa ketentuan Tuhan dalam mengatur alam tidak bisa diprediksi manusia. Secara kemampuan berenang Eril bahkan melebihi kedua rekannya saat itu. Namun, arus yang begitu deras membuat Eril terbawa arus.

“Jadi poinnya mungkin secara fisik mental (Eril) siap. Secara lokasi sudah dipastikan safety. Mungkin ada sesuatu hal yang diluar kehendak manusia,” imbuh Elpi.

Elpi menduga saat berenang berinisiatif mengambil posisi paling belakang. Hal tersebut diduga demi menjaga dua rekannya dalam posisi aman.

“Beliau (Eril) kelihatannya mengambil posisi paling belakang, karena ingin memastikan semua pada posisi yang safety,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Eril hilang terseret arus di sungai Aare di Kota Bern, Swis pada Kamis (26/05/2022).

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad memastikan proses pencarian Eril terus berlanjut.
Pihak KBRI Swiss bersama Tim SAR gabungan menggunakan sejumlah metode pencarian termasuk pemanfaatan drone canggih demi menyisir sungai Aare. Lama pencarian juga tidak ada batas waktu. (kt3/kt4)

Redaktur: Hamzah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.