Pengabdian Masyarakat, Dosen Unjani Beri Pendampingan Teknologi Digital UMKM di Purworejo

YOGYAKARTA – Dosen Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani ( Unjani ) Yogyakarta, Niken Widyastuti, S.E., M., kembali melaksanakan orientasi Pengabdian Masyarakat (Pengmas).

Kali ini, Niken bersama beberapa mahasiswanya, memberikan pendampingan pelaku UMKM Stik Talas Mbok Gien, di Desa Somongari, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Tim Pengmas yang dipimpinnya menginisiasi tentang peningkatan pemasaran produk melalui pembuatan website dan desain kemasan produk.

Niken menjelaskan, timnya mengangkat tema ini untuk membantu mitra meningkatkan potensi pemasaran melalui web site dan desain kemasan produk sebagai salah satu cara peningkatan kapasitas sumber daya manusia juga sebagai pemberdayaan ekonomi pada kelompok UMKM di desa tersebut.

Tujuan lainnya, kata dia, untuk meningkatkan dan mengembangkan jiwa wirausaha pada kelompok UMKM Stik Talas Mbok Gien.

“Tema khusus kami pada tahun 2022 sebenarnya tidak terlalu jauh dari yang tahun kemarin, tahun ini kita berfokus pada pelatihan branding bagi mitra pengmas,” tuturnya, Minggu (08/01/2023).

Owner Stik Talas Mbok Gien,
Hari menyampaikan terimakasih atas pendampingan usahanya oleh Tim Pengmas Unjani.

“Pembuatan website ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pemasaran stik talas mbok Gien serta peningkatan perekonomian UMKM lain yanga ada di Desa Somongari karena kita sama-sama belajar bagaimana mengembangkan UMKM lokal,” ucapnya.

Dikatakan Hari, fitur-fitur pada website ternyata sangat membantu dalam pemasaran produk Stik Talas. Hal lain yang sangat bermanfaat menurutnya adalah terkait cara pembuatan label dan kemasan.

“Kami diedukasi cara membuat label dan kemasan, sampai menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan sangat membantu kami untuk mengembangakan kreativitas. Kemudian, fitur lain yang ada di web site juga tidak kalah pentingnya terdapat infomasi yang dapat ditambahkan tentang berita terkini, dan juga produk-produk UMKM yang telah dihasilkan,” ungkapnya.

“Program pengmas ini sangat cocok ya pada masa pandemi seperti ini, jadi kalau ada orang ingin beli produk, langsung mampir saja ke website,” sambungnya.

Niken berharap, Pengmas yang dikemas secara produktif  ini diharapkan dapat memberdayakan pelaku UMKM Stik Talas Mbok Gien, serta mengembangkan jiwa kewirausahaan pelaku UMKM yang ada di Desa Somongari, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

“Semoga pengmas ini dapat menghasilkan suatu hasil yang produktif,” tutup Niken. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *